Liburan di Bali

Perjalanan Menyeberang dari Banyuwangi ke Pulau Menjangan Bali

Banyak jalan menuju Pulau Menjangan yang masuk wilayah Taman Nasional Bali Barat. Salah satunya adalah menyeberang dari Pantai Banyuwangi

Perjalanan Menyeberang dari Banyuwangi ke Pulau Menjangan Bali
Tribun Bali/Lugas Wicaksono
Suasana Pulau Menjangan 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Banyak jalan menuju Pulau Menjangan yang masuk wilayah Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.

Salah satunya adalah menyeberang dari Pantai Bangsring Banyuwangi, Jawa Timur.

Tidak membutuhkan waktu lama, kurang lebih satu jam dengan menumpang perahu nelayan dari Bangsring Underwater Banyuwangi, pengunjung sudah bisa menikmati Pulau Menjangan yang memiliki keindahan yang patut diperhitungkan.

Sepanjang perjalanan, pengunjung wajib menggunakan jaket pelampung. Ada beberapa tips yang dijelaskan Samsul (47), guide yang mendampingi kami yaitu duduk di bagian tengah kapal agar tidak mabuk saat perjalanan.

Selain itu disarankan juga membawa dry bag untuk meletakkan barang-barang pribadi yang rentan terkena air, seperti dompet, kamera dan handphone.

"Praktis jika semuanya dimasukkan kedalam dry bag karena kadang ombaknya cukup tinggi hingga masuk ke dalam kapal. Jika duduk di tengah lebih aman dibandingkan di depan. Pasti akan terkena percikan air laut," jelas Samsul.

Selain itu disarankan juga membawa makanan berat, snack dan minuman sendiri karena Pulau Menjangan adalah pulau kosong tidak berpenghuni dan tidak ada yang berjualan makanan dan minuman di pulau tersebut.

Sering Merasa Lelah karena Kurang Tidur? Ini yang Harus Dilakukan

Dari Bawa Hewan hingga Slow Travelling, Inilah 8 Tren Travelling Tahun 2020

Namun hal yang paling penting, kita harus membawa kembali sampah dari bekal kita dan tidak meninggalkannya di Pulau Menjangan.

Petualangan dimulai. Sekitar 10 menit perjalanan, empasan ombak mulai terasa dan air laut mulai masuk ke dalam perahu.

Awak perahu dengan sigap langsung menutup sisi kiri perahu dengan menggunakan plastik lebar agar tidak banyak air laut yang masuk kedalam perahu.

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved