Canangkan Pengobatan Tradisional, Menkes Terawan dan Gubernur Koster Resmikan Poliklinik Tradisional

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto bersama Gubernur Koster meresmikan Poliklinik Kesehatan Tradisional dan Komplementer di RSUP Sanglah Bali

Canangkan Pengobatan Tradisional, Menkes Terawan dan Gubernur Koster Resmikan Poliklinik Tradisional
Humas RSUP Sanglah
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto bersama Gubernur Bali Wayan Koster dan jajaran RSUP Sanglah meresmikan Poliklinik Kesehatan Tradisional dan Komplementer, Senin (30/12/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto bersama Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Poliklinik Kesehatan Tradisional dan Komplementer di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, Bali Senin (30/12/2019).

Dalam kesempatan itu Menkes Terawan mengatakan, bahwa pihaknya bersama dengan Gubernur Koster mencanangkan adanya Traditional Balinese Medicine (TBM) setiap rumah sakit di Bali.

"Saya berdua dengan Gubernur Bali mencanangkan TBM, karena Bali kan punya kearifan lokal, jadi diberdayakan semuanya, dari literaturnya yang banyak pakai lontar pakai kitab-kitab, dan semua dicatat buktinya warga Bali sehat-sehat, kalau dulu kan nggak ada literaturnya," kata dia.

Saat ditanya apakah TBM ini juga akan diterapkan di daerah lain di Indonesia?

Libur Nataru Rata-Rata 10.000 Wisatawan Kunjungi GWK, Akan Ada Sesuatu yang Baru di Tahun 2020 

Gubernur Koster Kenalkan KB 4 Anak, Ini Tanggapan Menkes Terawan

Menkes Terawan menuturkan bahwa dirinya belum ada rencana mengembangkan TBM ini untuk daerah lain.

"Kita fokuskan di Bali dulu sajalah, kita fokuskan satu-satu dulu karena setiap daerah kan punya kearifan lokalnya masing - masing," jelas dia.

Menurutnya, saat ini menjadi langkah awal dengan dimunculkannya TBM di Bali, karena Bali adalah center sebelum akhirnya diterapkan di daerah lain.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, bahwa pihaknya baru saja mengeluarkan peraturan Gubernur mengenai pelayanan kesehatan tradisional Bali.

Dikeluarkannya Pergub ini agar pelayanan tradisional dibuka di seluruh rumah sakit yang ada di Bali, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Enggan Ungkap Motif Pelaku, Anggota Tim Advokasi Novel Baswedan Desak Kepolisian agar Transparan

Platje, Sergio dan Nouri Belum Perpanjangan Kontrak, Manajemen Bali United Masih Pertimbangkan Ini

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved