Tak Hanya Gen, Penelitian Sebut Suasana Rumah juga Dapat Pengaruhi Kecerdasan Anak

Studi diterbitkan jurnal Proceeding of National Academy of Sciences menyebut, meski genetika memengaruhi kecerdasan anak, orangtua yang menyediakan

Tak Hanya Gen, Penelitian Sebut Suasana Rumah juga Dapat Pengaruhi Kecerdasan Anak
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Ada sejumlah hal memengaruhi tingkat kecerdasan anak.

Bila sejumlah studi mengungkap kecerdasan anak bisa menurun dari kedua orangtua, studi baru ungkap pengasuhan orangtua di rumah ternyata tak kalah berperan.

Studi diterbitkan jurnal Proceeding of National Academy of Sciences menyebut, meski genetika memengaruhi kecerdasan anak, orangtua yang menyediakan lingkungan rumah ideal cenderung memiliki anak dengan tingkat kecerdasan lebih tinggi.

“Selain orangtua biologis, lingkungan rumah adalah alasan penting mengapa anak-anak bisa tumbuh lebih pintar,” ungkap studi yang dilansir dari laman Parents.

Kriteria rumah ideal

Lingkungan rumah ideal menurut studi ini ialah rumah yang dipenuhi diskusi interaktif antara orangtua dengan anak.

Diskusi bisa beragam topik, mulai dari yang serius seperti pengetahuan umum dan pelajaran, atau diskusi ringan seputar hobi serta keseharian orangtua-anak.

Rumah yang ideal juga digambarkan dengan rumah yang memberikan anak kesempatan bereksperimen, seperti membaca segala macam buku (untuk anak usia dini, orangtua yang membacakan dengan lantang).

Lalu, anak juga diberi fasilitas untuk membuat karya seni, hingga diberi kesempatan berkunjung ke museum yang bisa menambah wawasan dan keinginan anak untuk belajar.

Puluhan Personel Bintara Remaja Dit Polairud Polda Bali Laksanakan Pembinaan Tradisi Pembaretan.

Rutin Minum Teh Hijau Dapat Memperpanjang Umur

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, tim peneliti Swedia membandingkan kemampuan kognitif 436 pasang saudara kandung usia remaja di negara tersebut.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved