Luar Biasa, Transaksi e-commerce di Bali Tembus Rp 1,1 Triliun

Sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan penurunan angka pengangguran

Luar Biasa, Transaksi e-commerce di Bali Tembus Rp 1,1 Triliun
usabilitygeek.com
Ilustrasi e-commerce 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jumlah transaksi e-commerce di Bali mengalami peningkatan sangat signifikan. Pada triwulan II-2019, nominal transaksi e-commerce di Bali mencapai Rp 1,1 triliun atau tumbuh 208,96 persen (yoy). Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan triwulan I-2019, yang tumbuh sebesar 133,79 persen dengan nilai transaksi Rp 649,45 miliar.

BI Sebut Ketegangan Amerika dan Iran Bisa Pengaruhi Ekonomi di Bali

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menjelaskan, pesatnya perkembangan e-commerce di Bali ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan.

“Sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan penurunan angka pengangguran seiring mudahnya pelaku usaha mengakses pasar global melalui e-commerce,” jelasnya, Selasa (14/01/2020).

Hari Belanja Online Nasional 10 E-Commerce Ini Berikan Promo Menguntungkan, Traveloka Sampai Shopee

Hal ini terkonfirmasi dari akselerasi kinerja lapangan usaha perdagangan (PDRB) di triwulan II-2019 lalu. Dengan pertumbuhan mencapai 10,97 persen (yoy), lebih tinggi dibanding triwulan I-2019 yakni 7,96 persen.

“Seiring pesatnya pengguna internet di Indonesia, e-commerce menawarkan peluang sangat besar dalam pengembangan bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Bali,” katanya.

Free Ongkir hingga iPhone 11 Pro Max Cuma 12 Ribu, Promo yang Ditawarkan E-Commerce Harbolnas 12.12

Untuk itu, pelaku UMKM di Bali perlu mempersiapkan diri baik dari sisi kompetensi maupun kualitas produk yang dihasilkan agar dapat memanfaatkan momentum perkembangan e-commerce ini.

Trisno mengatakan, tantangan utama dalam perluasan e-commerce pada UMKM di Bali adalah aspek awarness UMKM terhadap pentingnya e-commerce. Trisno menambahkan infrastruktur e-commerce membutuhkan internet stabil dengan kecepatan tinggi. (*)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Kambali
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved