Bekerja Sama dengan Perguruan Tinggi, Badan Riset Akan Lakukan Sensus Sumber Daya Adat

Contohnya adalah riset tentang bagaimana upaya untuk membuat daging sapi Bali agar bisa menjadi empuk dan enak.

Bekerja Sama dengan Perguruan Tinggi, Badan Riset Akan Lakukan Sensus Sumber Daya Adat
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali I Made Gunaja saat ditemui usai pelantikan di Gedung Ksiarnawa Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center), Denpasar, Kamis (2/1/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemprov Bali secara resmi telah memiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang disebut Badan Riset dan Inovasi Daerah yang mulai beroperasi pada Awal 2020.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali,  I Made Gunaja mengatakan Badan ini nantinya akan menghasilkan output berupa hasil riset atau kajian yang sifatnya terapan.

“Di dalam upaya ini kita akan bekerja sama dengan para pihak, salah satunya dengan beberapa Perguruan Tinggi,” kata Gunaja saat ditemui di Ruang Kerjanya, Senin (3/2/2020).

Gunaja menambahkan badan riset ini tugasnya adalah mengelola sumber daya riset. 

Misalnya, pada tahun 2020 salah satu program yang dilakukan adalah membangun kajian riset tentang sensus terhadap potensi sumber daya adat, dari sisi sumber ekonomi, seni budaya tradisi dan kearifan lokal sehingga diharapkan bisa mengakselerasi pembangunan  Bali dari desa adat.

Selain itu, tujuannya adalah supaya pemprov memiliki data dan informasi yang akurat terkait pengelolaan sumber daya adat.

“Contohnya, kalau sudah mengetahui di suatu desa adat ada potensi seni yang harus dilestarikan, maka kebijakan (pemerintah) bisa disarankan ke arah sana,” terangnya

Adapun indikator-indikator yang akan disensus antara lain mengenai mata pencaharian penduduk, potensi ekonomi, seni budaya, kearifan lokalnya, dan sebagainya.

Selanjutnya data-data hasil sensus tersebut dikumpulkan dan dianalisis supaya desa adat mendapat fasilitasi terkait pengembangan potensi yang dimiliki.

Sambungnya, Badan Riset dan Inovasi Daerah juga bertugas mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan sumber daya riset, baik yang ada di Perguruan Tinggi (PT), lembaga Pemerintah, seperti BPTP (Badan Pengkajian Teknologi Pertanian) maupun Kementerian Riset dan Teknologi.

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved