Berita Banyuwangi

Digelar 10 Tahun Sekali, BPS Banyuwangi Akan Lakukan Sensus Penduduk 2020

Kepala BPS Banyuwangi mengajak masyarakat berpartisipasi dalam sensus yang digelar setiap 10 tahun sekali tersebut

Digelar 10 Tahun Sekali, BPS Banyuwangi Akan Lakukan Sensus Penduduk 2020
Surya/Haorrahman
Digelar 10 Tahun Sekali, BPS Banyuwangi Akan Lakukan Sensus Penduduk 2020 

Digelar 10 Tahun Sekali, BPS Banyuwangi Akan Lakukan Sensus Penduduk 2020

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Pemerintah akan mulai melakukan sensus penduduk pada 15 Februari 2020 mendatang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banyuwangi, Tri Erwandi, mengajak masyarakat berpartisipasi dalam sensus yang digelar setiap 10 tahun sekali tersebut.

Tri mengatakan, sensus penduduk digelar setiap 10 tahun sekali untuk mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari periode ke periode, persebaran serta kepadatan penduduk di setiap wilayah, juga mengetahui berbagai atribut sosial penduduk.

Pada tahun ini, jelas Tri, sensus akan menggunakan data registrasi penduduk yang disebut Combined Method (Metode Kombinasi).

Dengan metode ini, data administrasi yang tersedia pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri akan dikombinasikan dengan pencacahan lapangan, baik melalui pendataan mandiri (Sensus Penduduk Online) maupun wawancara door-to-door.

"Kami harapkan saling menguntungkan antara BPS dan Dukcapil terkait update data terkini. Sehingga ke depan data Dukcapil dan sensus penduduk menjadi satu, One Data, sehingga bisa memberikan kualitas data pendudukan yang lebih bagus," ungkap Tri, saat sosialisasi tentang sensus penduduk dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) di Kantor Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (5/2/2020).

“Untuk itu, kami berharap agar seluruh masyarakat. Warga Banyuwangi khususnya ikut berpartisipasi menyukseskan sensus 2020. Keterlibatan warga sangat menentukan data kependudukan yang valid dan akurat. Ini akan sangat bermanfaat bagi perencanaan pembangunan kita ke depan,” tambahnya.

Tahapan sensus penduduk tahun ini juga berbeda dengan sensus–sensus sebelumnya.

Sensus akan diawali dengan sensus online (pendataan mandiri secara daring) yang digelar dari 15 Februari – 31 Maret 2020.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved