Manis dan Lezatnya Gula Aren Murni Buatan Warga Desa Karyasari Tabanan

Warga Desa Karyasari, Pupuhan, Tabanan, Bali, mampu memproduksi gula merah hingga 2 kwital per hari

Manis dan Lezatnya Gula Aren Murni Buatan Warga Desa Karyasari Tabanan
Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Perbekel Desa Karyasari, Nyoman Wiranata (44) menunjukkan gula merah buatan warga desa setempat kepada rombongan Suzuko Jelajah Dewata, di salah satu rumah warga, Sabtu (8/2/2020) 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Warga Desa Karyasari, Pupuhan, Tabanan, Bali, mampu memproduksi gula merah hingga 2 kwital per hari dari Pohon Nira yang tumbuh di daratan desa tersebut.

Mereka membentuk kelompok khusus bernama Tani Mutiara Merah untuk menangani proses pembuatan dan distribusi gula merah yang memiliki cita rasa khas yang manis dan murni ala Desa Karyasari ini.

Perbekel Desa Karyasari, Nyoman Wiranata (44) menuturkan, gula merah buatan warga Desa Karyasari diolah secara tradisional didistribusikan kepada pelanggan di Pasar Tabanan dan Pasar Bajre.

“Gula kami murni tidak ada campuran apapun, kami utamakan kualitas,” kata dia saat mendapat kunjungan rombongan peserta touring Suzuki Jelajah Dewata untuk memberikan Corporate Social Responsibility (CSR), Sabtu (8/2/2020).

Waspada, Ini 5 Ciri-ciri WhatsApp Anda Sedang Disadap

Demi Rayakan Cap Go Meh 61 WN China Tinggalkan Bali & Balik ke Wuhan, Cok Ace Ungkap Fakta Ini

Bali United Akan Andalkan Bola Atas Saat Lawan Than Quang Ninh

Pembuatan gula merah ditekuni warga kaki Gunung Batukaru itu guna menunjang kesejahteraan, selain memang bermata pencaharian sebagai petani kopi dan padu.

“Warga di sini mulai membuat gula merah sejak tahun 2006, ini potensi tambahan sampingan warga desa kami dengan adanya lahan jake, proses penyadapan dilakukan pagi hari dan sore hari ” katanya.

Gula merah buatan Desa Karyasari memiliki beragam jenis, ada gula yang berbentuk cetakan tempurung kelapa, gula yang dicetak batangan berbentuk bulat, dan gula semut.

“Harganya antara Rp 10 ribu sampai dengan Rp 16 ribu, Gula Belimbing itu juga hasil dari desa kami,” ucapnya.

Warga Desa Karyasari berharap gula merah murni buatan mereka dapat diakses masyarakat lebih luas lagi.

Pasalnya banyak warga yang Pra Sejahtera, dengan semakin tingginya permintaan maka akan dapat menunjang kesejahteraan warga setempat.

“Kami berharap agar gula merah desa kami dapat lebih dikenal masyarakat luas, kami juga akan membuat inovasi – inovasi gula merah, kalau yang model batang bulat itu juga cocok untuk minum kopi, dan tradisi di sini, minum kopi dan makan gula merah sebagai pengganti gula pasir putih,” bebernya.

Gula aren murni Desa Karyasari memiliki kandungan gizi 386 kalori, 10 gram air, 3 gram lemak, 3 gram protein, 76 ml kalsium dan 37 ml fosfor.

Untuk diketahui, Desa Karyasari merupakan hasil pemekaran dari Desa Belimbing pada tahun 2007 terletak di Kecamatan Pupuhan Kabupaten Tabanan. Terdapat 614 KK yang terdiri dari 1.950 jiwa tinggal di Desa Karyasari. (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved