Breaking News:

Begini Penjelasan Polisi Mengapa Tak Memilih Motor Sport Full Fairing sebagai Motor Dinasnya

Namun jika ditelisik lebih dalam, dari berbagai jenis moge polisi, tak ada satupun yang menggunakan motor sport full fairing.

quora.com via Kompas.com
Moge polisi di Indonesia tidak ada yang menggunakan motor sport full fairing. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Jika diperhatikan dengan seksama, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) banyak menggunakan beraneka jenis model motor gede (moge) sebagai kendaraan dinasnya. 

Namun jika ditelisik lebih dalam, dari berbagai jenis moge polisi, tak ada satupun yang menggunakan motor sport full fairing.

Mengapa demikian? Nah berikut ini penjelasannya. 

Dilansir Tribun Bali via Kompas.com, beberapa moge polisi yang digunakan saat ini, antara lain Yamaha Diversion XJ900P, FJR 1300, Harley-Davidson Electra Glide Ultra Classic, Honda Gold Wing, BMW R 1200 GS, R 1200 RT, K 1600 B, Victory Vision dan Commander Police.

Dari deretan moge polisi di atas, rata-rata modelnya touring atau sport touring. Tidak ada motor sport full fairing, seperti Yamaha YZF-R1, Honda CBR1000RR, Suzuki GSX-R1000, atau Kawasaki Ninja ZX-10R.

Aiptu Bambang Margono, Instruktur Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya Indonesia, mengatakan, motor sport full fairing dinilai tidak etis untuk melakukan pengawalan, karena posisi berkendaranya yang membungkuk.

"Seorang pengawal harus terlihat tegap, tapi tetap terampil. Dengan gaya motor ini, dibutuhkan latihan yang lebih berat dibanding road race," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menambahkan, untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku krimanal, tidak harus motor sport full fairing.

Hal tersebut menurut Bambang dinamakan teknik dasar polisi, karena kepolisian mengadopsi teknik road race dan motocross.

Sedangkan untuk kebutuhan patroli, yang bisa memakan waktu berjam-jam, tentunya polisi menginginkan kendaraan dinas yang nyaman.

Sebab, moge polisi juga umumnya dilengkapi dengan berbagai aksesori tambahan, seperti rotator dan sirene.

Namun, ada juga negara lain yang menggunakan motor sport full fairing sebagai kendaraan dinas kepolisiannya, yaitu Inggris.

Di sana, polisi ada yang dilengkapi dengan motor Ducati 1199 Panigale.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Polisi Tidak Pakai Motor Sport Full Fairing?",

(Donny Dwisatryo Priyantoro)

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved