Archipelago International Bali Bersihkan Pantai Matahari Terbit Dari Sampah Plastik

Archipelago International Bali Bersihkan Pantai Matahari Terbit Dari Sampah Plastik, Manfaatkan Sarung Bantal Hotel

Archipelago International Bali Bersihkan Pantai Matahari Terbit Dari Sampah Plastik
Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Tim Bali's Biggest Clean-up dari salah satu unit Archipelago International Bali memungut sampah plastik di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Sabtu (15/2/2020) 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tim dari 15 unit hotel Archipelago International Bali menggelar kampanye anti sampah plastik bertajuk Bali's Biggest Beach Clean-up di Pantai Matahari Terbit, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Bali, Sabtu (15/2/2020).

Sebanyak 246 orang melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di area sekitar Pantai Matahari Terbit.

Kegiatan diawali dengan salah satu senam yang digemari Presiden Joko Widodo yakni Senam Maumere.

Mereka menyusuri area pantai sekitar 1,5 kilometer (km) untuk memungut sampah khususnya dari bahan plastik dan jenis sampah lainnya.

Anak Suka Merengek ?, Cobalah 10 Trik Sederhana Mengatasi Anak yang Suka Merengek Ini

Terkini, 1.383 Korban Terinfeksi Virus Corona, 29 Negara Terwabah Setelah Mesir Konfirmasi Kasus

Ini Alasan Biaya Pernikahan Tidak Boleh Ngutang

Sebagaimana campaign mereka untuk menggunakan benda non plastik, alat yang mereka pakai pun juga non plastik, yakni memanfaatkan sarung bantal hotel, sarung tangan, dan alat pengambil sampah dari kayu.

Vice President Human Resources Archipelago International Faisal Tjandraatmadja menuturkan kegiatan ini sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR).

"Aksi ini merupakan tanggung jawab moral Archipelago Bali memberikan sumbangsih mengelola lingkungan hidup di Bali," kata Faisal kepada Tribun Bali

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik pariwisata di Bali, dengan wajah pantai yang bersih dan sehat.

"Dengan minimnya sampah plastik pariwisata lebih hidup, lebih sehat, dan ini bentuk kami menghormati lingkungan hidup," ucapnya.

Kegiatan Bali's Biggest Beach Clean-up bekerjasama dengan banjar setempat, di mana sampah yang berhasil dikumpulkan dari sejumlah karung itu ditimbang dan diserahkan kepada banjar.

"Kami bekerja sama dengan banjar, ada orang dari banjar pick up sampah, berapa kilo total plastik yang diselamatkan dari kerusakan lingkungan," tutur Faisal.

Adapun kegiatan ini merupakan kali keempat dilakukan oleh Archipelago International Bali, pertama tahun 2017 di Canggu, tahun 2018 di Petitenget, tahun 2019 dan 2020 di lokasi yang sama yakni Pantai Matahari Terbit, Sanur.

Setelah berjalan menyusuri area pantai untuk membersihkan sampah, kegiatan ditutup dengan sarapan bersama. (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved