Mulai Hari Ini, Tiap Penumpang Domestik Yang Datang di Bali Melalui Bandara Dicek Suhu Tubuhnya

Mulai per Selasa (10/3/2020) hari ini pihak Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali resmi menerapkan pemeriksaan cek suhu

Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Penumpang tiba di terminal domestik dicek satu per satu suhu tubuhnya oleh petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai 

TRIBUN BALI.COM, BADUNG - Mulai per Selasa (10/3/2020) hari ini pihak Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali resmi menerapkan pemeriksaan cek suhu kepada para penumpang kedatangan domestik.

Hal ini untuk memastikan pencegahan virus corona (COVID-19) hal ini semata-mata langkah preventif untuk memastikan bahwa penumpang yang tiba di Bali dipastikan tidak ada yang terindikasi terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

“Sementara kedatangan domestik baru diterapkan tapi di kedatangan internasional sudah diterapkan lama sejak Januari 2020 lalu. Ditambah sejak Presiden Jokowi mengumumkan adanya WNI yang dinyatakan positif COVID-19 dan terbaru diumumkan semalam sudah mencapai 19 orang,” imbuh Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Arie Ahsanurrohim. 

Merujuk dari situ maka rute domestik di eskalasi sehingga kami mengambil sikap dengan seluruh stakeholder yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk kedatangan domestik diberlakukan pengecekan suhu.

“Kedepan kami akan berupaya untuk mengimplementasikan hal yang serupa di keberangkatan domestik dan keberangkatan internasional. Namun kami masih proses pengadaan infrastruktur thermo gun. Ini fokus kami kepada upaya pencegahan di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” ungkap Arie.

Saat disinggung mengenai apakah penumpang domestik diberikan form Health Alert Card (HAC) dan diwajibkan mengisinya sebelum masuk terminal kedatangan?

Ia mengatakan hal tersebut belum diberlakukan.

“Untuk pembagian Health Alert Card (HAC) oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar kami fokuskan di terminal kedatangan internasional,” jawabnya.

Dan nanti jika ada penumpang suhu tubuhnya diatas 38 derajat kami akan melakukan proses evakuasi melalui sisi airside milik kita dan disediakan ambulans di ruang pemeriksaan lanjutan KKP yang ada di kedatangan internasional.

Di situlah KKP akan memberikan kartu kewaspadaan kesehatan terhadapa penumpang itu.

Dalam pelaksanaannya pengecekan suhu tubuh penumpang terminal kedatangan domestik dengan menempatkan jalur pemeriksaan penumpang sebanyak 4 jalur serta 1 jalur di jalur transit.

Pemeriksaan dilakukan menggunakan thermo gun kepada satu per satu penumpang dan khusus untuk hal ini semua, kami beserta TNI AU dan KKP melakukan penambahan personel untuk mengawaki pemeriksaan penumpang.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved