Breaking News:

Corona di Indonesia

Begini Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Bayi dan Anak-anak

POGI JAYA menyerukan keamanan bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi serta anak-anak dari virus ini.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Foto ilustrasi wanita hamil berbaju merah 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Bertambahnya jumlah pasien terinfeksi COVID-19, semakin mengkhawatirkan, karena penyebaran virus ini yang begitu cepat dan tidak pandang bulu.

Siapa saja dengan imunitas yang rendah dan penyakit penyerta dapat terpapar virus ini, diantaranya ibu hamil, ibu menyusui, serta bayi dan anak-anak. 

Bahkan dari jumlah pasien terdata terakhir, terdapat dua balita yang terpapar virus ini.

Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (POGI JAYA) menyerukan keamanan bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi serta anak-anak dari virus ini. 

9 Hal yang Sering Ditanyakan Anak tentang Corona, Ini Caranya Menjawab

Jubir Pemerintah: Indonesia Mampu Gelar Tes Virus Corona Masal

Hari Ini Dalam Sejarah, Gunung Agung di Bali Mengalami Letusan Eksplosif pada 17 Maret 1963

Wanita hamil dan bayi yang baru lahir seharusnya dianggap sebagai populasi berisiko utama dalam strategi yang berfokus pada pencegahan dan manajemen Infeksi COVID-19 ini. 

Berdasarkan beberapa contoh kasus pada penanganan Coronavirus sebelumnya (SARS-CoV dan MERS-CoV) dan beberapa kasus COVID-19, dipercaya bahwa ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk terjadinya penyakit berat, morbiditas dan mortalitas dibandingkan dengan populasi umum. 

dr Ulul Albab, SpOG selaku Sekjen POGI JAYA bahwa meski masih belum diumumkan adanya kasus terpaparnya COVID-19 pada ibu hamil dan ibu menyusui di Indonesia, namun kedua kelompok ini juga tetap perlu waspada dengan lebih meningkatkan imunitas tubuh mereka.

“Ibu hamil dan ibu menyusui rentan dengan berbagai penyakit akibat perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuh mereka lebih rendah,” imbuhnya, Selasa (17/3/2020).

Ditegaskan oleh dr Ulul, apabila para ibu hamil dan menyusui mengalami gejala flu ataupun gejala yang sama seperti COVID-19, segera periksakan diri ke dokter kandungan dan mintalah untuk sekaligus melakukan pemeriksaan COVID-19. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved