Corona di Indonesia

Terus Dipantau, Begini Kondisi 3 Kru PMI yang Kontak dengan WN Perancis Positif Covid-19 di Bali

Begini kondisi 3 kru Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali yang sempat kontak langsung dengan WN Perancis positif Covid-19 di Bali

NET
Terus Dipantau, Begini Kondisi 3 Kru PMI yang Kontak dengan WN Perancis Positif Covid-19 di Bali 

Terus Dipantau, Begini Kondisi 3 Kru PMI yang Kontak dengan WN Perancis Positif Covid-19 di Bali

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - 3 kru Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali yang sempat kontak langsung dengan WN Perancis positif Covid-19 di Bali, masuk dalam kategori kontak minim atau kontak jauh sehingga saat ini disarankan mengikuti pedoman karantina mandiri.

“Kami sudah melaporkan ke Satgas Covid-19 Provinsi Bali, dan sudah ditindaklanjuti dengan dilakukan surveillance kepada yang bersangkutan. Petugas ambulans PMI masuk dalam kategori kontak minim atau kontak jauh,” beber Koordinator Ambulans PMI Bali Eko Wardani, kepada Tribun Bali, Minggu (22/3/2020) sore.

Eko menyebut, sejak hari pertama setelah menangani korban positif Covid-19 di Bali tersebut, kru PMI dalam kondisi stabil dan tidak ada keluhan sakit, demam atau yang lainnya.

“Jika ada gejala sakit, akan segera menghubungi tim kesehatan. Alhamdulillah dari hari pertama sampai dengan sekarang, mereka masih baik. PMI terus memberi support dan memantau kondisi petugas ambulans PMI tersebut, serta mencarikan akses-akses yang diperlukan,” papar dia.

Ia menambahkan, hingga saat ini ketiga kru PMI belum disarankan melakukan pemeriksaan swab Covid-19 atau lainnya. 

Sebelumnya diberitakan, 3 petugas ambulans Palang Merah Indonesia (PMI) Bali yang sempat kontak langsung dengan seorang pria berkebangsaan Perancis meninggal dunia positif virus corona (Covid-19), kini tengah menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

“Untuk petugas tersebut sudah terinformasi dan telah diarahkan untuk isolasi mandiri 14 hari sesuai siklus masuk dan masa pemulihan,” kata Humas PMI Bali, Topan kepada Tribun Bali, Minggu (22/3/2020) sore ini.

Diceritakan, saat itu petugas pertama kali yang datang adalah PMI, ketika menemukan korban, menang sempat ada kontak untuk respon awal.

Karena didapati demam/panas pada korban, petugas ambulans PMI mencurigai dan segera melakukan SOP penanganan dengan menjaga jarak.

“Mereka juga segera cuci tangan serta mengkomunikasikan dengan Satgas Covid-19. Setelah satgas datang, Tim PMI membantu mengevakuasi ke ambulans dengan alat pelindung diri lengkap menuju RSUP Sanglah. Di RSUP Sanglah pun tim yang bertugas langsung didisinfektan dan baru diizinkan pulang dengan diberikan pakaian lain oleh pihak RS,” tuturnya.

Kemudian, keesokan harinya, tim mendapat briefing dari koordinator ambulans provinsi untuk tindakan pencegahan Covid-19 dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat sambil menunggu hasil tes WN Perancis tersebut.

“Sejauh ini belum ada info yang menuju kondisi lebih buruk, semoga teman-teman kru tetap baik-baik saja,” ucap dia.

 (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved