Corona di Indonesia

Lion Air Group Implementasikan Physical Distancing Pada Penumpang Saat Duduk di Dalam Pesawat

Pencegahan penyebaran COVID-19, Lion Air Group mengimplementasikan pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang dalam operasional penerbangan

Lion Air Group Implementasikan Physical Distancing Pada Penumpang Saat Duduk di Dalam Pesawat
Corporate Communications Lion Air Group
Lion Air Group Implementasikan Physical Distancing Pada Penumpang Saat Duduk di Dalam Pesawat 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Sebagai langkah preventif dan antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19, Lion Air Group mengimplementasikan pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang (physical distancing) dalam operasional penerbangan.

“Sistem pengaturan jarak untuk seluruh penumpang diimplementasikan dengan pengaturan nomor kursi saat melakukan check-in, baik penumpang yang melaksanakan check-in di check-in counter, web check in maupun fasilitas self-check-in yang tersedia di bandara,” jelas Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Kamis (26/3/2020).

Ia menambahkan pengaturan jarak antar penumpang juga berlaku ketika berada di ruang tunggu dan pada saat proses boarding, baik yang menggunakan garbarata dan tangga biasa.

Pengaturan ini juga berlaku bagi penumpang yang berada didalam bus APB (Apron Peripheral Bus) saat menuju ke pesawat dan turun dari pesawat.

Nama Amien Rais Terhapus dari Daftar Kepengurusan PAN, Apa Alasannya?

Kenapa Negara-negara Paling Bahagia Lebih Siap Menghadapi Covid-19 ?, Ini Alasannya

Presiden Jokowi Mohon Doa Masyarakat Untuk Almarhumah Ibunda

Dengan pengaturan nomor kursi saat check-in, maka terdapat jarak antar penumpang saat duduk didalam pesawat.

“Awak kabin dan petugas ground handling akan membantu teknis pengaturan jarak antar penumpang ketika berada di kabin pesawat jika terdapat penumpang yang duduk berdekatan. Untuk alasan keselamatan dan keseimbangan (weight balance) pesawat saat lepas landas dan mendarat, penumpang dapat dipindahkan sesuai instruksi petugas darat atau awak kabin,” imbuh Danang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sistem pengaturan tempat duduk bagi penumpang di dalam kabin, antara lain:

- Kursi yang berada di baris pintu dan jendela darurat harus terisi, dengan kriteria dewasa (minimal 18 tahun).

Diutamakan untuk penumpang yang tidak bepergian bersama keluarga, memenuhi ketentuan fisik (kondisi sehat jasmani dan rohani), orang berprofesi militer atau polisi, awak pesawat yang tidak bertugas dan memahami instruksi dari awak kabin dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

- Untuk penumpang yang membutuhkan penanganan khusus tetap harus mengikuti arahan dan instruksi awak kabin.

- Barang bawaan penumpang harus diletakkan ditempat penyimpanan bagasi di atas atau di bagian bawah depan kursi penumpang (agar tidak menghalangi pergerakan dalam keadaan darurat).

Sebagai tindakan pencegahan lainnya, Lion Air Group juga melaksanakan penyemprotan cairan disinfectant sesuai prosedur yang berlaku, penggunaan sarung tangan, pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan hand sanitizer.

“Hal-hal tersebut merupakan tindakan preventif dengan tetap mengutamakan perlindungan bagi awak pesawat dan petugas layanan darat,” tambahnya.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved