Corona di Bali

Hari Ini Bali Kedatangan 537 PMI Kapal Pesiar, Harus Melewati Tiga Tahap Protokol Kesehatan

Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) pesiar kembali ada yang pulang ke Bali

Dokumentasi Pemprov Bali
Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 yang juga sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra melakukan siaran pers melalui teleconference, Kamis (2/4/2020) sore. Hari Ini Bali Kedatangan 537 PMI Kapal Pesiar, Harus Melewati Tiga Tahap Protokol Kesehatan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) pesiar kembali ada yang pulang ke Bali.

Kali ini ada sebanyak 537 PMI yang pulang melalui Bandara Ngurah Rai.

537 PMI itu terdiri atas 97 orang dari Pax ABK Carnival Cruise Line, Miami, Amerika, dan 440 ABK Carnival Cruise Line, New Orleans, Amerika.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, kepulangan ratusan PMI tersebut disambut petugas di terminal kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai.

Mereka yang menyambut yakni petugas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) IX/Udayana, Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Kepolisian Daerah (Polda) Bali, serta Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Kemudian ada juga petugas pendamping yang mengawasi kedatangan para PMI tersebut, yakni Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral (Disnaker ESDM) Provinsi Bali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali serta dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali, nsur TNI dan Polri.

"Penerimaan kedatangan PMI di Bandara Ngurah Rai juga dibantu personel TNI dan Satpol PP Provinsi Bali pada bidang keamanan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali itu.

Dirinya menjelaskan, para PMI yang tiba di Bandara Ngurah Rai harus melewati protokol kesehatan dengan tiga tahap.

Pertama, PMI melakukan registrasi dan dicek suhu tubuh menggunakan thermo gun.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved