Hadapi Ledakan Kepulangan PMI, Tabanan Bersiap dengan 600 Alat Rapid Test

Saat ini sebanyak 211 PMI asal Tabanan sedang menjalani karantina di tujuh hotel berbeda, setelah 14 hari mereka akan dirapid test.

Pixabay
Ilustrasi karantina covid-19 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Pemkab Tabanan menyiapkan 600 alat rapid test yang akan digunakan untuk mengecek PMI selesai menjalani masa karantina.

Saat ini sebanyak 211 PMI asal Tabanan sedang menjalani karantina di tujuh hotel berbeda.

"Saat ini PMI masih menjalani karantina dan menunggu hasil rapid test lanjutan setelah karantina," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 Tabanan, I Gede Susila, Senin (27/4/2020).

Dia melanjutkan, untuk saat ini belum ada yang mengikuti rapid test lanjutan karena sebelum mereka dikarantina sudah jalani rapid test.

Susila menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan 600 rapid test. Jika nanti hasilnya negatif, boleh pulang.

Kepala Dinas Kominfo Tabanan, I Putu Dian Setiawan menyatakan, saat ini web informasi terkait Covid- 19 terus di-update.

Sejak beberapa hari lalu, web yang bisa diakses melalui http://infocorona.tabanankab.go.id sudah menyediakan formulir keluhan dan laporan kepulangan untuk PMI yang masih menjalani karantina.

Dia menjelaskan, dua formulir tersebut disediakan khusus untuk PMI dengan maksud langsung melakukan pendataan dan mendengar keluhan terkait kesehatan dan pelayanan selama masa karantina.

"Kami sediakan untuk PMI semuanya. Jadi jika ada keluhan kesehatan utamanya nanti bisa disampaikan melalui web info corona tersebut dan laporan kepulangan juga bisa diisi di form tersebut. Intinya kita mendata dan mendengar keluhan dalam pelayanan agar bisa menjadi evaluasi nantinya," kata Dian Setiawan.

Ditanya jumlah keluhan yang telah masuk, Dian menyatakan, pendataan dilakukan Disnakertrans. Dinas Kominfo hanya menyiapkan sarana web-nya.

"Untuk data yang masuk ada di Disnakertrans. Tapi kami berharap semoga mereka nyaman dan tetap sehat selama masa karantina," harapnya.

Kadisnakertrans Tabanan, I Putu Santika mengatakan, belum ada keluhan yang masuk dari PMI. Namun pantauan Disnakertrans, saat ini semua PMI menjalani karantina dengan baik-baik saja.

Setiap pagi rutin olahraga dengan syarat jaga jarak dan gunakan masker.

"Belum ada keluhan, sementara semua berjalan baik-baik saja," tandasnya. (*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved