Corona di Bali

BREAKING NEWS : Seusai Tes Swab, Delapan Warga Serokadan Bangli Dirujuk Ke Bapelkes Denpasar

Pihaknya mengetahui delapan warga itu positif berawal dari penelusuran kontak, terhadap kasus positif yang terjadi di banjar setempat.

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Humas Satgas Covid Bangli I Wayan Dirgayusa. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Tiga hari menjalani karantina di RSU Bangli, delapan warga Banjar Serokadan, Desa Abuan, Susut, Bangli, Bali akhirnya dirujuk ke Bapelkes Denpasar.

Usut punya usut, delapan warga tersebut dinyatakan positif virus corona atau covid-19 berdasarkan hasil tes swab pertama.

Humas Satgas Penanggulangan Covid-19 Bangli, I Wayan Dirgayusa menjelaskan delapan warga asal Banjar Serokadan, Desa Abuan itu bukan merupakan PMI.

Pihaknya mengetahui delapan warga itu positif berawal dari penelusuran kontak, terhadap kasus positif yang terjadi di banjar setempat.

“Berdasarkan rapid test yang dilakukan terhadap 65 warga, delapan orang diantaranya menunjukkan hasil reaktif positif. Oleh satgas akhirnya mereka dirujuk ke RSU Bangli untuk dikarantina secara terpusat, serta pengambilan sample tes swab,” ujarnya Selasa (28/4/2020).

Dirgayusa mengatakan test swab pertama dilakukan pada Senin (27/4/2020).

Berdasarkan hasilnya diketahui bahwa delapan warga tersebut dinyatakan positif.

Sesuai dengan SOP penanganan Covid-19 di provinsi Bali, lanjut Dirgayusa, delapan warga tersebut langsung dirujuk ke tempat isolasi rujukan yang ditetapkan.

Dalam hal ini, Dirgayusa menyebut delapan orang tersebut dirujuk ke Bappelkes Denpasar.

“Seluruhnya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Jadi seluruhnya tampak sehat, tidak menunjukkan gejala sakit. Hari ini kita masih menunggu hasil swab keduanya,” katanya.

Mantan Camat Kintamani itu menambahkan dari pihak satgas akan kembali melakukan penelusuran serta tracking terhadap delapan warga tersebut.

Mengenai tindak lanjut secara kewilayahan, Dirgayusa mengatakan hari ini seluruh PMI di wilayah Banjar Serokadan diberikan rapid test di Puskesmas Susut. (*)

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved