Bupati Suwirta Tinjau Donor Darah Jegeg Bagus Klungkung

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau kegiatan donor darah Semeton Jegeg Bagus Klungkung di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung

istimewa
Bupati Suwirta Tinjau Donor Darah Jegeg Bagus Klungkung 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG -- Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau kegiatan donor darah Semeton Jegeg Bagus Klungkung di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung, Sabtu (2/5/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta, dari jajaran pegawai maupun masyarakat umum lainnya.

Koordinator kegiatan, Dewa Ayu Indah Lestari menyatakan sejak mewabahnya virus corona (Covid-19) persediaan darah di Kantor PMI Klungkung semakin menurun hingga 90 persen.

Bahkan data terakhir tertanggal 15 April disebutkan hanya tersedia 20 kantong darah saja.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Jegeg Bagus Klungkung merasa terpanggil untuk berpartisipasi mengadakan kegiatan donor darah,” ungkapnya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memberi apresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

Menurut Bupati sejak wabah Covid-19 melanda dan kasus demam berdarah meningkat, kebutuhan akan darah juga semakin banyak.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mengatasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan transfusi darah," harapnya.

Dari kegiatan yang berlangsung tersebut didapatkan 66 kolf kantong darah yang terdiri dari 30 kolf golongan darah O, 20 kof golongan darah B, 12 kolf golongan darah A, dan 4 kolf golongan darah AB.

Lebih lanjut, ditengah perkembangan wabah Covid-19, Bupati Suwirta menugaskan PMI Klungkung untuk mengkoordinir kelompok-kelompok maupun organisasi kemasyarakatan yang ingin melakukan kegiatan donor darah agar tetap menjaga protokol kesehatan social distancing dan jaga jarak untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Stok darah di RSUD Klungkung juga semakin menipis, saya secara khusus akan mengajak ASN Pemkab Klungkung maupun pegawai kontrak untuk melakukan donor darah," ujar Bupati Suwirta. (*) 

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved