Breaking News:

Tokopedia di Hack, Data 91 Juta Pengguna Dijual, Begini Penjelasan dan Jaminan Tokopedia

Namun kami memastikan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi

Editor: Kambali
KONTAN
ILUSTRASI - App tokopedia 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Platform e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia diduga di-hack. Tokopedia pun mengaku sedang melakukan penyelidikan terkait upaya peretasan terhadap data rincian pengguna yang telah bocor secara online.

VP of Corporate Communication Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, perusahaan memang menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia.

Data 15 Juta Pengguna Tokopedia Diduga Bocor, Konon Data Dicuri sekitar Maret 2020

"Namun kami memastikan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi," kata dia saat dihubungi Kontan.co,id, Minggu (03/05/2020).

Nuraini menambahkan, meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, pihaknya menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

Cara Cek Akun Tokopedia Diretas atau Bocor, Segera Ganti Password dan Hapus Akun Pembayaran

Selain itu, Tokopedia terus melakukan investigasi, sehingga belum ada informasi lebih lanjut yang dapat disampaikan.

Menurut Nuraini, saat ini Tokopedia menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Dengan demikian, pihaknya akan selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun.

THR untuk PNS, TNI dan Polri Cair Paling Cepat 10 Hari Kerja Sebelum Hari Raya, Begini Rinciannya

"Kami selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna karena bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia," pungkas dia.

Mengutip Reuters, Under the Breach, yang biasa memantau kejahatan dunia maya mengatakan, seorang hacker telah memperbaharui postingannya pada Minggu (03/05/2020) dengan menawarkan rincian data terhadap 91 juta pengguna Tokopedia.

Akhir Pekan, Berikut Promo Tokopedia Buat yang #DiRumahAja

Data pengguna dan merchant Tokopedia tersebut ditawarkan untuk dijual US$ 5.000 di situs gelap. Sebelumnya, dia hanya memiliki 15 juta data pengguna Tokopedia.  (*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul, Data 91 juta pengguna Tokopedia dijual, ini yang dilakukan Tokopedia, https://industri.kontan.co.id/news/data-91-juta-pengguna-tokopedia-dijual-ini-yang-dilakukan-tokopedia

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved