Breaking News:

Bulan Ramadhan

Masjid At Taqwa Polda Bali Buka Loket Layanan Zakat dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Kita sudah buka pelayanan mulai Senin kemarin. Untuk tahun ini kita kita buka jalur tunai, kita sudah siapkan petugas dari pagi hingga siang. Setela

tribun bali/ M Firdian Sani
layanan zakat di Masjid At Taqwa Polda Bali, di Jalan Wr Supratman, Denpasar, Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, M. Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Berbeda dari tahun sebelumnya, Ramadhan Tahun 1441 Hijriyah kali ini dalam kepungan pandemi covid 19. Namun tidak menyurutkan semangat ibadah kaum muslimin dalam menjalankan puasa dan zakat.  Ibadah sholat dan tarawih diimbau dilaksanakan di rumah.  

Khusus pelayanan zakat, Pengurus Masjid At-Taqwa Polda Bali telah membuka dua pelayanan bagi yang ingin menunaikan zakat. Pelayanan zakat ini sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Loket yang disediakan pun sesuai dengan anjuran pemerintah. 

Kajian Ramadhan, Pandemi Covid-19 dan Sejarah Wabah Pasca Wafatnya Nabi Muhammad, 30.000 Orang Tewas

"Kita sudah buka pelayanan mulai Senin kemarin.  Untuk tahun ini kita  kita buka jalur tunai, kita sudah siapkan petugas dari pagi hingga siang. Setelah zuhur menjelang asar. Petugas tentunya dilengkapi dengan protokol kesehatan,”  kata Ketua Pengurus Masjid At-Taqwa Polda Bali, AKBP Shobirin saat dihubungi Tribun Bali.

Masjid At Taqwa Polda Bali Bagikan 2 Ton Sembako ke Jemaah Terdampak Covid-19 dengan Dana Kas Masjid

“Kemudian yang kedua yaitu buka rekening atau layanan zakat non tunai, untuk  jumlah transfernya sebesar Rp 35 ribu," ujar AKBP Shobirin.

Untuk yang ingin berzakat jalur tunai bisa langsung datang membawa beras 2,5 kilogram ke Masjid At-Taqwa Polda Bali dengan waktu antara pukul 08.30 hingga 11.30 Wita dan pukul 14.00 hingga 17.00 Wita.

Para jamaah juga diimbau menggunakan masker, tapi tidak masalah jika tidak menggunakan masker karena panitia telah menyiapkan secara gratis.

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Masjid Baitul Makmur Denpasar Buka Layanan Jemput Zakat

"Kita udah siapin hand sanitizer, sarung tangan karet dan masker untuk petugas zakatnya, protokol covid-19 kita terapkan, kalo ada yang berzakat tapi lupa memakai masker, kita akan kasih masker gratis jadi masih tetep bisa bayar. Gak bolak- balik jadinya," jelas salah satu panitia amil zakat, Polantoro.

Umat Islam juga bisa berzakat dengan cara yang ke dua yakni layanan zakat non tunai. Caranya dengan mentransfer melalui nomor rekening (427) 026-270-319-6 (BNI Bank Syariah atas nama Masjid At Taqwa Polda Bali).

Sudahkah Anda Zakat? Begini Panduan Lengkap Pengumpulan dan Penyaluran ZIS saat Pandemi Covid-19

Namun sebelum mentransfer, diwajibkan bagi para muzaki untuk menghubungi panitia di nomor WhatsApp 087-816-993-370 untuk mengetahui dan dibimbing langkah-langkahnya.

"Ada empat tahap kalau ingin berzakat melalu rekening.  Pertama, kita harus konformasi dulu kepada petugas, kemudian niat, lalu transfer rekening dengan Rp 35 ribu untuk 1 jiwa, setelah dikirim lalu konfirmasi lagi dengan mengirim setruk bukti transfer kepada petugas," jelas AKBP Shobirin.

12 Mei atau 19 Ramadhan, Kemenag Berharap Saudi Sudah Umumkan Kepastian Pelaksanaan Haji 2020

Terkait pendistribusian zakat yang telah terkumpul, panitia telah memiliki data-data orang yang tidak mampu atau yang terkena dampak covid-19, data itu juga akan terus diupdate.

"Proses pendistribusian kita sudah punya data mereka yang terdampak covid-19. Kita sudah punya data yang sudah terkumpul, jauh-jauh hari sebelumnya melalui kelompok-kelompok jemaah dan binaan. Kita kan sudah sering ketemu mereka dan tahu kondisi mereka," ungkapnya.

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Wamenag: Ibarat Komputer, Puasa Itu Seperti Proses Restart

AKBP Shobirin berharap cara ini dapat mempermudah para muzaki untuk menjalankan kewajibannya berzakat, serta dapat membantu saudara yang terdampak covid19.

"Mudah-mudahan semua lancar, dan bagi mereka yang terkena dampak covid-19 bisa sedikit terbantu," pungkasnya. (*)

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Kambali
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved