Breaking News:

Bulan Ramadhan

Mengenal Masjid Al-Hikmah Denpasar, Masjid Unik Bergaya Arsitektur Khas Bali

Masjid unik di Bali ini memiliki bangunan arsitektur khas Bali, bahkan disebut satu-satunya bergaya bangunan khas Bali

Tribun Bali/M Firidian Sani
Masjid Al-Hikmah Denpasar, Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, M Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ada satu masjid unik di Bali yang memiliki bangunan arsitektur khas Bali, bahkan disebut satu-satunya bergaya bangunan khas Bali oleh salah seorang marbut (pengurus masjid), Sauji.

"Masjid ini sudah berdiri sejak tahun November 1978, ukiran bangunan dari pintu masuk hingga pintu-pintu masjid terbuat dari kayu jati. Ini termasuk satu-satunya di Bali dengan gaya khas ukiran Bali," jelasnya saat ditemui Tribun Bali, Sabtu (9/5/2020).

Masjid Al-Hikmah ini terletak di Jalan Soka, Kesiman Ketalangu, Denpasar Timur, Bali berdiri di atas tanah yang memiliki luas 8 are.

Sauji menuturkan, masjid ini berdiri di tanah wakaf milik pengusaha bengkel, Haji Abdurahman.

"Saat itu bangunannnya belum seperti sekarang, masih seperti masjid pada umumnya, hanya saja pada tahun 1991, Sunarso salah seorang sesepuh setempat yang merenovasi masjid ini dengan gaya khas Bali," jelasnya.

Ukiran-ukiran khas Bali pada daun pintu dan jendela dibuat oleh orang asli Bali dengan bahan utama kayu jati, alhasil masjid ini baru selesai direnovasi tahun 1996.

"Masjid ini menampung ratusan jemaah. Sekarang masjid ini ada di bawah naungan kepengurusan Yayasan Al Hikmah. Anggotanya sudah sampai 300 KK yang tersebar di daerah Kesiman," paparnya.

Masjid Al-Hikmah juga berdampingan langsung dengan PAUD dan TK.

"Seiring berjalannya waktu di samping masjid juga ada sekolah PUAD dan TK," ujarnya.

Dalam yayasan ini, ia menyebut ada empat bidang pokok yakni bidang kemasjidan, bidang pendidikan, bidang penguburan dan amal zakat.

Kini masjid ini tutup sementara dan tidak menerima jemaah dikarenakan pandemi Covid-19.

"Masjidnya jadi sepi, cuman saya kebetulan tinggal dekat masjid jadi saya selalu ke sini buat bersihin masjidnya," pungkasnya.

(*)

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved