Corona di Bali

9 Lokasi Ini Dijadikan Tempat Karantina PMI di Karangasem

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengaku, semua hotel yang dipakai tempat karantina diisi PMI hingga per 12 Mei

Pixabay
Ilustrasi karantina 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA  - Sembilan lokasi di Karangasem dijadikan sebagai tempat karantina pekerja migran indonesia (PMI) yang baru datang dari luar negeri.

Yakni delapan hotel disekitar Kecamatan Karangasem, dan satu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Subagan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengaku, semua hotel yang dipakai  tempat karantina diisi PMI hingga per 12 Mei 2020.

Ramayana Hotel diisi sebanyak 11 PMI. Bali Sea Candidasa isi 4 orang PMI. Taman Surgawi Ujung berisi  sebanyak 56 orang PMI.

Golkar Gelar Diskusi Virtual Bahas Strategi Kebangkitan Ekonomi Bali Pasca Pandemi Corona

Bank Indonesia Salurkan Bantuan Sembako dan Sarana Kesehatan untuk Masyarakat & Tenaga Medis

Hakim Bebaskan Teller, Gendo: Harapan Penegakan Hukum yang Adil untuk Publik Masih Ada

Sedangkan Candi Beach Cottage berisi 18 orang PMI. Lotus Bungalow isi 4 orang. Bayshore 40 orang, serta SKB Jasri isi 47 PMI.

"Untuk Puri Bagus Candidasa dan Nirwana Hotel Candidasa kosong. Dulu Puri Bagus isi 57 PMI,  serta Nirwana 27 PMI. Semua PMI check out,"kata Arimbawa, Selasa (12/5/2020).

Ditambahkan, sisa PMI yang masih dikarantina sebanyak 180 orang.

Berasal dari delapan Kecamatan. Sedangkan pekerja migran yang check out  mencapai ratusan  orang lantaran sudah selesai maasa karantina. Dari 280  kamar yang ada, 143 sudah terisi PMI  & yang masih  kosong 137 kamar.

"Biaya selama karantina ditanggung Pemerintah Daerah (Pemda) Karangasem. Seperti makan dan minum, serta penginapan," tambah IB  Ketut Arimbawa, mantan Kabid Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem.

Pejabat asal Singaraja menambahkan, pekerja migran Indonesia yang telah dikarantina selama 14 hari & dinyatakan negatif dipulangkan ke kampung halamannya.

Sampai dirumah pekerja migran indonesia diminta agar melakukan isolasi mandiri dalam rumah masing - masing selama 14 hari.

"Mereka sudah di tes, dan hasilnya negatif. Mereka  (PMI) sudah diberikan surat keterangan sehat. Tapi kita himbau untuuk tetap melakukan isolasi mandiri dirumah. Antisipasi hal tak diinginkan. Saat  pemulangaan tadi, PMI dijemput keluarganya,"katanya.

Mantan Kabid Damkar Karangasem meminta warga tidak mengucilkan serta menolak PMI yang sudah selesai menjalankan karantina dan melakukan rapid test.

Angkasa Pura I Siapkan Fasilitas Khusus di Bandara untuk Dukung Pembatasan Perjalanan Penumpang

Teco : Latihan Sore Tidak Bagus Buat Pemain yang Puasa

Tabung Gas Bocor Picu Kebakaran Rumah Kos di Denpasar Barat

 PMI yang dipulangkan semuanya dinyatakan negative. Mereka di karantina selama 14 hari, dan mengikuti protokol kesehatan.(*)

Penulis: Saiful Rohim
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved