Corona di Indonesia

Waspadai, 7 dari 10 Pasien Covid-19 dengan Penyakit Penyerta Ginjal Meninggal

Dari lebih 1.000 kematian akibat Covid-19 itu, ternyata sebagian besar pasien yang meninggal memiliki riwayat penyakit ginjal.

Kompas.com
ilustrasi ginjal(science alert) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Jumlah yang terpapar virus corona atau Covid-19 di Indonesia hingga Selasa (12/5/2020) sudah mencapai 14.749 orang dengan jumlah kematian 1.007 orang.

Dari lebih 1.000 kematian akibat Covid-19 itu, ternyata sebagian besar pasien yang meninggal memiliki riwayat penyakit ginjal.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, usai mengikuti rapat terbatas terkait evaluasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta, kemarin.

”Ada satu hal yang perlu kami sampaikan bahwa kasus kematian tertinggi adalah kelompok mereka yang memiliki penyakit ginjal,” kata Doni, Selasa (12/5/2020).

Doni menuturkan, dari 10 pasien yang memiliki penyakit penyerta ginjal, rasio kematiannya 7 orang.

”Dari 10 orang yang terkena Covid-19 memiliki penyakit penyerta ginjal, angka kematian 7 dari 10 orang. Tepatnya 6,8 dari 10 orang. Jadi ini sangat tinggi sekali," ujar Doni.

Setelah ginjal disusul pasien Covid-19 yang memiliki penyakit jantung memiliki risiko kematian tertinggi kedua. Rasio kematiannya 5 dari 10. "Yang kedua adalah jantung. Angka kematiannya juga tinggi yaitu 5 orang wafat dari 10 pasien penderita jantung,"katanya.

Oleh karena itu Doni meminta masyarakat Indonesia terutama yang memiliki riwayat penyakit ginjal dan jantung untuk meningkatkan kewaspadaan.

Mereka harus mematuhi protokoler kesehatan untuk membatasi jarak fisik, selalu cuci tangan dengan sabun, tidak menyentuh muka dengan tangan kotor, dan menggunakan masker.

”Isolasi mandiri serius dan sungguh-sungguh, tidak boleh lakukan kegiatan apapun, apalagi dengan orang tidak dikenal," tutur dia.

Halaman
1234
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved