Breaking News:

Sakit Gigi Tak Tertangani Saat Pandemi Virus Corona? Ini Pertolongan Pertama yang Tepat

Sakit Gigi Tak Tertangani Saat Pandemi Virus Corona? Ini Pertolongan Pertama yang Tepat

Editor: Aloisius H Manggol
kompas.com
Ilustrasi sakit gigi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA -- Di masa pandemi virus corona (covid-19) ini, dalam rangka mengantisipasi penularan virus corona dokter gigi hanya melayani treatment yang benar-benar emergensi.

Dokter menyarankan bagi masyarakat yang merasa giginya sakit untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter secara online untuk mendapat obat pereda sakit.

"Nanti dari konsultasi online tersebut kita lihat urgencynya, kalau tidak urgency butuh obat bisa secara online, tapi kalau gusi berdarh, gigi patah, sakit gigi sampai tidak bisa tidur harus segera tindakan," kata drg. Anggi Pratiwi, Kamis (14/5/2020).

Sebagai pertolongan pertama saat gigi mulai terasa sakit bisa memanfaatkan obat-obatan alami yang ada di rumah yakni kumur dengan air garam.

Garan memiliki kandungan asam yang bisa menetralkan kuman-kuman jahat yang menempel pada gigi yang memancing timbulnya rasa sakit.

"Coba diredakan dulu sakitnya dengan kumur air garam itu terbukti mengurangi sakit gigi loh. Itu dia bisa menetralkan karena bersifat basa dan asam garam bisa membunuh kuman jahat," ungkap drg. Anggi.

Kemudian selama di rumah saja tetap sikat gigi sebanyak dua kali sehari, dan bisa bantu dengan menggunakan dental floss dan bersihkan bagian lidah.

"Banyak minum air putih kurangi makanan manis pas banget lagi puasa bisa sekalian ngurangin makanan manisnya," ungkap drg. Anggi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gak Bisa ke Dokter Saat Sakit Gigi Kala Pandemi Corona, Kumur Air Garam Jadi Pertolongan Pertama

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved