Breaking News:

Setiap Daerah Wisata Bisa Kembali Beroperasi, Begini Tahapan Menuju New Normal di Sektor Pariwisata

Tentu syaratnya destinasi wisata tersebut harus kondisi Covid-nya sudah membaik dengan berbagai macam parameter

Editor: Kambali
Tribun Bali
Obyek Wisata Tanah Lot Tabanan 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pemerintah tengah menyusun tahapan menuju kenormalan baru alias new normal di sektor pariwisata.

Penyusunan tahapan ini sebagai persiapan pembukaan kembali sektor pariwisata di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Setiap daerah wisata yang akan kembali beroperasi harus memenuhi syarat dan melalui tahap tersebut.

"Tentu syaratnya destinasi wisata tersebut harus kondisi Covid-nya sudah membaik dengan berbagai macam parameter," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio usai rapat terbatas, Kamis (28/5).

Setelah dinyatakan memenuhi persyaratan, daerah tersebut tidak langsung bisa beroperasi kembali. Perlu ada tahapan yang dilalui untuk memastikan keamanan.

UPDATE Covid-19: Wacana New Normal dan Kasus Positif di Indonesia 23.851 Kasus

Perlu terlebih dulu pembuatan standar prosedur operasi (SOP). SOP akan dibuat di berbagai bidang sektor pariwisata seperti hotel, restoran, hingga ekonomi kreatif yang juga mendukung pariwisata.

Setelah itu simulasi untuk menerapkan SOP tersebut akan dilakukan. Simulasi dilakukan untuk melihat penerapan dari SOP yang telah dibuat.

"Setelah simulasi itu sudah dilakukan kita melakukan yang namanya sosialisasi terhadap SOP tersebut," terang Wishnutama.

Barulah setelah sosialisasi, persiapan menuju kenormalan baru di sektor pariwisata memasuki uji coba. Seluruh tahapan tersebut akan diprioritaskan bagi daerah yang telah siap.

"Kalau saya sih hitung sederhana persiapan pelaksanaan tahapan itu kurang lebih 1 bulan dari hari dikatakan oke daerah ini kita rencanakan untuk dibuka," jelas Wishnutama.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved