Corona di Bali

Kapolda Bali Imbau Pengendara Taati Aturan Pakai Masker dan Helm Saat Berkendara

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose mengapresiasi sekaligus menyoroti masyarakat yang taat mengunakan masker, namun tidak memakai helm

Penulis: I Nyoman Mahayasa | Editor: Irma Budiarti
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose saat melakukan pertemuan bersama Gubernur Bali Wayan Koster, Menparekraf Wishnutama Kusubandio dan pemangku pariwisata Bali, di Restoran Bebek Tepi Sawah, Ubud, Gianyar, Bali, Rabu (17/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Nyoman Mahayasa

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Semakin meningkatnya transmisi lokal pandemi Covid-19 saat ini, berbagai cara dilakukan petugas agar masyarakat mematuhi aturan memakai masker.

Msyarakat terus diimbau menggunakan masker agar penyebaran Covid-19 dari droplet dapat ditekan.

Di Kabupaten Gianyar, menurut patugas Satpol PP, saat ini masyarakat sudah semakin sadar pentingnya menggunakan masker.

Kasatpol PP Gianyar, I Made Watha, Jumat (19/6/2020), mengatakan akhir-akhir ini ketika pihaknya melaksanakan sidak masker, pihaknya melihat masyarakat sudah mulai patuh untuk tertib menggunakan masker.

"Untuk pemakaian masker masyarakat umum sudah hampir seratus persen menaati anjuran pemerintah," ujarnya.

Dikatakan Watha, masyarakat saat berada di pasar rakyat atau toko, maupun perbankan sudah tertib menggunakan masker.

"Mereka sudah sadar, dengan menggunakan masker ini dapat menghindari orang lain tertular," ucapnya.

Di tempat berbeda Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose mengapresiasi sekaligus menyoroti masyarakat yang taat mengunakan masker, namun tidak memakai helm.

Ini diungkapkan Kapolda Bali dalam pertemuan bersama Gubernur Bali Wayan Koster, Menparekraf Wishnutama Kusubandio bersama pemangku pariwisata di Bali di Restoran Bebek Tepi Sawah, Ubud, Gianyar, Bali, Rabu (17/6/2020).

Kapolda Bali memberi apresiasi kepada masyarakat yang sudah memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19, namun ia kerap melihat masyarakat yang menggunakan masker namun tak menggunakan helm.

Ia mengimbau masyarakat lebih disiplin, selain menggunakan masker, helm juga penting untuk keselamatan, karena memakai helm termasuk cara menjaga kedisiplinan.

"Pola hidup disiplin lah yang harus kita terapkan terlebih dalulu jika ingin menjalani new normal. Jika rekan-rekan lewat di jalan di sekitar sini (Ubud), kalian akan menemukan masyarakat yang menggunakan masker, namun tidak memakai helm, maka dari itu saya mengimbau sebelum menjalankan new normal, pola hidup disiplin harus ditingkatkan. Karena banyak kasus kematian diakibatkan masyarakat yang kurang disiplin," tegasnya.

Selain sidak masker, Satpol PP Gianyar bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, juga sering melakukan penyisiran terhadap penduduk pendatang (duktang) dengan menggelar sidak duktang.

"Kita juga bersama-sama dengan perbekel dan camat, agar yang datang atau lolos dari pemeriksaan di Gilimanuk selalu mengikuti anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19," katanya.

Satpol PP Gianyar mengaku belum ada pemulangan duktang di wilayahnya.

"Untuk sementara ini belum, karena memang sebagian besar duktang yang datang memang yang bersangkutan tinggal di daerah tersebut sebelumnya," imbuhnya.

(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved