Corona di Bali

Satu Tenaga Kesehatan RS Puri Raharja Yang Sempat Dinyatakan Positif Covid-19 Telah Dipulangkan

Satu Tenaga Kesehatan RS Puri Raharja Yang Sempat Dinyatakan Positif Covid-19 Telah Dipulangkan

Pixabay
Update Covid-19 di Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kabar gembira datang dari Rumah Sakit Puri Raharja, pasalnya satu tenaga kesehatannya yang sempat terinfeksi virus Covid-19 akhirnya diperkenankan pulang karena hasil swab testnya negatif.

"Merupakan perawat dan dirawat di Bapelkesmas dan telah keluar pada tanggal 26 Juni lalu setelah hasil swabnya yang ke dua dinyatakan negatif," kata Ns. I Gusti Nyoman Tongki Adiyono, SKep selaku Manajer Marketing IT Rumah Sakit Puri Raharja saat ditemui Tribun Bali.

Kata dia, saat ini perawat tersebut sedang menjalani isolasi mandiri dikediamannya, namun demi kenyamanan privasi Nyoman Tongki enggan menyebutkan inisial serta kediaman sang perawat.

"Masih diisolasi selama tujuh hari. Kita harus lihat perkembangan terkini dari beliau. Kalau sudah benar-benar fit maka diizinkan untuk bekerja kembali," ungkap dia.

Nyoman Tongki mengungkapkan jika perawat ini diduga terinfeksi bersama ke enam nakes lainnya di ruang UGD RS Puri Raharja setelah menerima satu pasien yang dicurigai positif Covid-19.

"Senin (8/6/2020) kita menerima satu pasien, dan pasien itu kita curigai terpapar positif Covid-19, kami berusaha merujuknya ke rumah sakit lain, namun tidak bisa karena rumah sakit lain semua penuh," kata dia.

Pasien pun mendapat perawatan selama satu hari di RS Puri Raharja dan keesokan harinya, Selasa (9/6/2020) pasien telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah.

Akhirnya pada Jumat tanggal 19 Juni, RS Puri Raharja melakukan swab test tahap kedua dan sang perawat ini dinyatakan positif Covid-19 bersama dengan ke-5 nakes lainnya, ia pun dirujuk langsung ke Bapelkesmas.

Swab test tahap pertama telah dilakukan pada Kamis tanggal 18 Juni, dan hasilnya satu dokter umum dinyatakan positif dan mendapat perawatan di RSPTN Unud.

"Dan kemarin juga kami telah lakukan swab test tahap tiga dan ditemui satu dokter umum positif covid, dan telah dirujuk di RSUP Sanglah," paparnya.

Nyoman Tongki juga menyatakan saat ini ketujuh nakesnya tengah dalam perawatan, empat orang di Rumah Sakit rujukan, dan dua orang di salah satu hotel di wilayah Badung, serta satu perawat yang telah dinyatakan sembuh sedang melakukan isolasi mandiri dikediamannya.

"Kondisi mereka semua baik-baik saja, sisa enam nakes, ke enam nakes tinggal menunggu untuk diswab test. Kalau hasilnya negatif mereka diperbolehkan untuk pulang," papar dia.

Untuk memutus rantai persebaran Covid-19, RS Puri Raharja pun melakukan sterilisasi ruang UGD dengan menutup pelayanan selama bebrapa hari.

Nyoman Tongki amat berharap karyawan dari Rumah Sakit Puri Raharja dapat sembuh dan yang lainnya tidak terpapar virus Covid-19.(*)

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved