Breaking News:

Destinasi Wisata Nusa Penida akan Dibuka Secara Bertahap, Ini Alasan Bupati Klungkung

Destinasi Wisata Nusa Penida akan Dibuka Secara Bertahap, Ini Alasan Bupati Klungkung

TRIBUN BALI/EKA MITA SUPUTRA
Dinas Kesehatan, Jumat (13/3) melakukan screening, atau pemeriksaan suhu tubuh terhadap wisatawan di pelabuhan Sampalan, Nusa Penida. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Pemkab Klungkung sudah bersiap membuka destinasi wisata, terkait penerapan new normal.

Khususnya di Nusa Penida, dibukanya destinasi wisata akan dilakukan bertahap.

Mengingat hampir di setiap destinasi wisata belum ada tempat cuci tangan khusus dan beberapa lokasi bahkan masih sulit air bersih.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, pihaknya sudah siap untuk membuka kembali pariwisata terkait new normal.

Tahap awal penerapan new normal, destinasi dibuka untuk warga lokal. Sembari mempersiapkan dan membiasakan segala protokol kesehatan di destinasi wisata.

" Khususnya di Nusa Penida, kami minta Dinas Pariwisata turun ke Nusa Penida. Edaran terkait pemberlakuan new normal ini juga sudah kami sebarkan ke desa," ungkap Suwirta.

Terkait rencana dibukanya destinasi di Nusa Penida, menurutnya masih perlu dilakukan beberapa perisapan, khususnya terkait penerapan protokol kesehatan.

Menurut Suwirta, sebagian besar destinasi di Nusa Penida belum tersedia wastafel untuk cici tangan. Bahkan dibeberapa destinasi wisata masih kesulitan air bersih.

" Kemarin saya lihat itu (tempat cuci tangan) yang belum ada, air juga harus disiapkan untuk penerapam protokol kesehatan. Kan tempat cuci tangan bisa dibuat dengan profile tank, sehingga bisa menampung air. Saya minta pihak desa agar siapkan itu, Dinas Pariwisata juga saya sudah minta untuk turun," ungkap Suwirta.

Selain itu, nantinya pihaknya juga berharap disetiap destinasi ada petugas dari satgas desa adat untjk mengingatkan pengunjung melaksanakan protokol kesehatan seperti cuci tangan, maupun menggenakan masker.

" Tahap awal paling warga kita saja yang ke destinasi, sembari kita bertahap membiasakan penerapan protokol kesehatan " jelasnya.

Sementara Kadis Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta menjelaskan, saat ini destinasi wisata yang sudah benar-benar siap untuk dibuka dan menerapkan protokol kesehatan adalah destinasi di Kota Semarapura seperti Kerta Gosa dan Monumen Puputan.

" Destinasi Kertha Gosa misalnya sudah siap kami buka, disana sudah kita siagakan petugas. Termasuk wastafel untuk cuci tangan juga sudah kami siapkan," ungkap Sukasta.

Ketika disinggung terkait Destinasi di Nusa Penida, pihaknya mengatakan fasilitas tempat cuci tangan nantinya akan disiapkan di lokasi penarikan retribusi di Pelabuhan.

" Kalau di Destinasi wisata, memang Pemkab mengelola tapi disana tanahnya itu milik pribadi. Sehingga kami harus koordinasi dulu untuk penambahan fasilitas itu," jelas Sukasta. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved