Breaking News:

Pemilihan Perbekel Bangli Serentak Diundur Hingga Januari 2021

Pelaksanaan pemilihan kepala desa/perbekel (Pilkades/Pilkel) Bangli yang semula digelar pada Desember, dipastikan mundur

pixabay.com
Ilustrasi pemilihan perbekel. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Pelaksanaan pemilihan kepala desa/perbekel (Pilkades/Pilkel) Bangli yang semula digelar pada Desember, dipastikan mundur. Sesuai jadwal, pelaksanaan pilkel baru dimulai pada Januari 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bangli, Dewa Agung Bagus Riana Putra menjelaskan, alasan utama mundurnya pelaksanaan pilkel lantaran pada bulan Desember bersamaan dengan pilkada serentak. Dilain sisi, pihaknya juga terkendala anggaran.

Riana mengatakan, anggaran pilkel dialokasikan melalui APBDes. Disamping juga Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Kabupaten. Sementara pada tahun 2020, sejumlah anggaran kegiatan yang telah dialokasikan akhirnya direfocusing untuk penanganan Covid-19. “BKK ini untuk menstimulan, membantu seperti surat suara, hingga tempat pemungutan suara. Sisanya dianggarkan melalui APBDes,” ucapnya Rabu (15/7).

Besaran BKK yang diberikan kabupaten tergantung dari jumlah data pemilih di masing-masing desa. Sesuai rencana, tercatat 13 desa di dua kecamatan yang akan menggelar pilkel serentak. Dimana dua desa dari wilayah Kecataman Susut, yakni Desa Selat dan Desa Pengiangan. Sedangkan 11 Desa lainnya dari wilayah Kecamatan Kintamani. 

Kendati diundur, Riana mengatakan hingga saat ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke lima desa yang menyelenggarakan pilkel. Tak hanya mensosialisasikan jadwal baru dari Desember ke Januari, pihaknya juga mensosialisasikan terkait aturan dan persiapan anggaran untuk pilkadesnya. “Memang aturan ini sudah tercantum dalam perda dan perbup. Namun sosialisasi ini kami lakukan untuk mempertegas dan mengingatkan kembali bagaimana aturan mainnya,” ujar Riana. (mer)

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved