Breaking News:

Corona di Bali

RSUD Klungkung Siapkan Ruangan ICU, Persalinan, dan Operasi Khusus Pasien Covid-19

RSUD Klungkung tengah menyiapkan ruang ICU, persalinan, dan operasi khusus bagi pasien Covid-19

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau RSUD Klungkung, di Klungkung, Bali, Rabu (15/7/2020). RSUD Klungkung tengah menyiapkan ruang ICU, persalinan, dan operasi khusus bagi pasien Covid-19. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - RSUD Klungkung tengah menyiapkan ruang ICU, persalinan, dan operasi khusus bagi pasien Covid-19.

Fasilitas ini untuk mengakomodir kebutuhan perawatan, karena ada beberapa pasien Covid-19 di Klungkung yang harus mendapatkan penanganan khusus.

Dirut RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma mengungkapkan, ruangan tambahan bagi pasien Covid-19 ini sudah disiapkannya sejak seminggu lalu.

Hal ini berangkat dari pengalaman merawat pasien Covid-19, yang perlu juga tindakan lain seperti persalinan, operasi, maupun perlu dirawat di ICU.

"Misal beberapa waktu lalu ada pasien Covid-19 yang melakukan persalinan. Karena statusnya pasien Covid-19, kami rujuk ke RSUP Sanglah," ujar Nyoman Kesuma, Rabu (15/7/2020).

Bahkan ada juga pasien Covid-19 yang harus mendapatkan tindakan operasi cesar segera.

Karena sifatnya darurat, tim medis mengambil keputusan melakukan tindakan di ruangan operasi biasa.

"Atas beberapa pengalaman itulah, kami pandang perlu disiapkan ruangan bersalin dan ruang operasi khusus pasien Covid-19. Sehingga tidak bercampur dengan ruangan tindakan pasien umum," jelas Kesuma.

Diisolasi 28 Hari dan 14 Kali Jalani Tes Swab, Pasien Positif Covid-19 di Buleleng Akhirnya Sembuh

Tambahan 1 Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Kasus Corona di Tabanan Tembus 102 Orang

Positif Covid-19, Pensiunan PNS di Klungkung Meninggal Dunia

Lansia 84 Tahun di Jembrana Sembuh dari Covid-19

Update Covid-19 di Bali: Kasus Positif Bertambah 63 Orang, 41 Pasien Sembuh dan dua Meninggal

Sementara ruang ICU khusus pasien posotif Covid-19 juga dianggap penting, agar tidak bercampur dengan pasien umum dan meningkatkan potensi terjadinya penularan.

"Tidak semua pasien Covid-19 kondisinya baik. Sehingga pasien yang mengalami gejala serius, kami harus siapkan ICU khusus  Covid-19," jelasnya.

Selain itu, pihak rumah sakit juga harus menyiapkan ruangan khusus untuk pemakaian dan pelepasan APD, dan kamar mandi khusus untuk pembersihan petugas yang merawat pasien Covid-19.

"Semua sedang kami rampungkan. Jika tidak ada halangan, seminggu ke depan ruangan itu sudah siap. Kami persiapkan ini untuk antisipasi juga adanya lonjakan kasus Covid-19. Apalagi di kabupaten tetangga, angka kasus juga lagi meningkat," jelas Kesuma.

Sementara terkait kesiapan tenaga medis, masih memberdayakan petugas tim Covid-19 RSUD Klungkung yang berjumlah sekitar 30 orang.

"Bagi pasien dengan penyakit penyerta, ditangani oleh dokter spesialis  sesuai keluhannya. Kalau  alat kesehatan, semua sudah siap untuk dapat dimanfaatkan di ruangan khusus tersebut. Kami tinggal rampungkan kesiapan fisik ruangannya saja," jelasnya.

(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved