Breaking News:

Termasuk PP Pelabuhan Benoa, 9 Kapal Penumpang Pelni Kembali Berlayar, Ini Rute Lengkapnya

Seluruh petugas operasional kami siap untuk melayani calon penumpang dengan standar protokol kesehatan yang berlaku di era adaptasi kebiasaan baru

Tribun Bali/Nyoman Mahayasa
ilustrasi - Penumpang saat turun dari kapal yang berlabuh di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Jumat (7/6/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Setelah sempat menghentikan kegiatan operasional pada angkutan penumpang, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mulai menjalankan kembali menjalankan sembilan kapal penumpang pada pekan depan.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang O.M Sodikin menyampaikan, sembilan kapal tersebut meliputi KM Gunung Dempo, KM Dobonsolo, KM Egon, KM Kelud, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Lambelu, KM Binaiya, serta KM Awu.

Pelni Prediksi Okupansi Naik Hingga 20 Persen

"KM Gunung Dempo dijadwalkan akan melakukan kegiatan operasional pada 17 Juli 2020," kata Sodikin.

"Enam kapal akan mulai beroperasi pada pekan depan, serta dua kapal lainnya direncanakan akan mulai beroperasi pada minggu keempat Juli 2020," ujar Sodikin dalam siaran resmi yang diterima kontan.co.id, Kamis (16/7).

Kapal TNI KRI Teluk Jakarta Berisi 55 ABK Tenggelam di Perairan Masalembo Karena Hantaman Gelombang

Adapun KM Gunung Dempo akan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Sorong - Manokwari - Wasior - Jayapura - Wasior - Manokwari - Sorong - Namlea - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Dobonsolo dijadwalkan akan beroperasi pada 21 Juli 2020 dan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Serui - Sorong - Ambon - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Lambelu dijadwalkan akan beroperasi pada 23 Juli 2020 mendatang dengan rute Makassar - Pare-Pare - Balikapapan - Tarakan - Nunukan - Pantoloan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar - Bau-Bau - Larantuka - Kupang - Larantuka - Bau-Bau - Makassar - Pare-Pare - Balikpapan - Pantoloan - Tarakan - Nunukan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar.

KRI Teluk Jakarta 541 Tenggelam di Perairan Masalembo, Kapal Dibangun VEB Peenewerft, Jerman Timur

Terdapat dua kapal yang direncanakan untuk beroperasi pada 24 Juli mendatang, yakni KM Kelud dengan rute Tg. Priok - Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan - Tg. Balai Karimun - Batam - Tg. Priok , dan KM Egon yang akan melayani rute Waingapu - Lembar - Waingapu - Lembar - Surabaya - Batulicin - Pare-Pare - Batulicin - Surabaya - Lembar - Waingapu.

KM Sinabung direncanakan akan beroperasi pada 25 Juli 2020 mendatang dengan melayani rute reguler, yakni Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Banggai - Bitung - Ternate - Bacan - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura (PP).

Kapal AL China Nyelonong di Perairan yang Disengketakan, Malaysia Protes & Sebut Sudah 89 Kali

KM Ciremai yang akan beroperasi pada 28 Juli 2020 dengan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura - Biak - Manokwari - Sorong - Namlea - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tg. Priok.

"Dua kapal yang direncanakan beroperasi pada minggu keempat Juli 2020 adalah KM Binaiya dan KM Awu. Total hingga akhir Juli, terdapat 14 dari 26 kapal penumpang Pelni yang telah beroperasi," jelasnya.

Gunakan Sistem Ngayah, Satgas Gotong Royong Kapal Tetap Gencar Imbau Masyarakatnya Patuhi Protokol

Sodikin menyebutkan, KM Binaiya direncanakan akan melayani rute Makassar - Labuan Bajo - Bima - Benoa (PP). Sementara KM Awu direncanakan akan melayani rute Surabaya - Benoa - Bima - Waingapu - Ende - Kupang - Kalabahi (PP).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa seluruh kegiatan operasional Perusahaan telah diiringi dengan pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

"Seluruh petugas operasional kami siap untuk melayani calon penumpang dengan standar protokol kesehatan yang berlaku di era adaptasi kebiasaan baru," ujarnya. (*)

Bertahan Semalaman di Atas Parahu Terbalik, Nyoman Cenik Nyaris Ditabrak Kapal Tongkang

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul, Sembilan kapal penumpang Pelni kembali berlayar, ini rutenya, https://industri.kontan.co.id/news/sembilan-kapal-penumpang-pelni-kembali-berlayar-ini-rutenya

Editor: Kambali
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved