Breaking News:

Gempa 4,4 SR Guncang Bali Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi berkekuatan 4,4 SR mengguncang wilayah Selatan Bali, Jumat (31/7/2020) sekitar pukul 08.37 Wita.

Pixabay
Ilustrasi gempa bumi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Gempa bumi berkekuatan 4,4 SR mengguncang wilayah Selatan Bali, Jumat (31/7/2020) sekitar pukul 08.37 Wita.

Gempa yang berpusat di laut pada jarak 50 km arah Barat Daya Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 64 km itu tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan melalui keterangan tertulisnya.

Dijelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng indo australia yang menujam ke lempeng eurasia.

BREAKING NEWS - Ayah Setubuhi Anak Kandungnya di Tabanan, Dilakukan Sejak Tahun 2012

5 Kuliner Khas idul Adha yang Bisa Dibuat di Rumah, Tak Hanya Sate dan Gulai

BREAKING NEWS - Klungkung Kembali Perpanjang Masa Tanggap Darurat Covid-19

Adapun dampak gempa bumi yang tadi terjadi, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta Selatan II-III MMI.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, dan dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu di Gianyar dan Denpasar II MMI," kata Gunawan.

Hingga pukul 09.08 Wita tadi, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Jika ingin memperoleh informasi yang akurat, BMKG menyarankan agar masyarakat mencari informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

(*).

Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved