Breaking News:

Corona di Indonesia

Sosialisasi Gerakan Relawan Covid-19 Nasional Kemdikbud, 31 Hari Tantangan #SiapAdaptasi

Sosialisasi Gerakan Relawan Covid-19 Nasional Kemdikbud, 31 Hari Tantangan #SiapAdaptasi

ist
Sosialisasi Gerakan Relawan Covid-19 Nasional Kemdikbud, 31 Hari Tantangan #SiapAdaptasi 

TRIBUN BALI.COM, JAKARTA – Relawan Covid-19 Nasional (RECON) yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bersama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) mencoba untuk memaksimalkan dampak program RECON kepada masyarakat umum. 

Seperti yang diketahui bahwa Pandemi Covid-19 merupakan musuh kita bersama dan Edukasi Kesehatan sangat berperan besar dalam memutus rantai penularan Covid-19. 

Edukasi kesehatan yang bersifat daring sudah banyak kita jumpai di masyarakat, dengan menggunakan ponsel pintar atau gawai, kita dapat mengakses materi edukasi kesehatan tersebut. 

Namun sektor daring tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung juga oleh edukasi yang bersifat luar jaringan (luring). 

Dengan adanya edukasi secara daring dan luring lapisan masyarakat yang terpapar dengan edukasi kesehatan akan semakin banyak.

RECON Kemdikbud meluncurkan Gerakan 31 Hari Tantangan Siap Adaptasi yang merupakan kelanjutan dari program Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Daring yang dilakukan oleh RECON sejak bulan April 2020. 

Sosialisasi peluncuran kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Kamis (30/7) kemarin, melalui kanal Youtube Ditjen Dikti.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti; Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P selaku Sekretaris Ditjen Dikti; Prof. Dr. dr. Budu, Sp.M(K), Ph.D, M.Med.Ed selaku Ketua AIPKI; Dra. Eny Supartini, MM selaku perwakilan dari Kesiapsiagaan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); Andre Rahadian SH., LL.M, M.Sc selaku Ketua Koordinator Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19; Nauval Fariz Damas selaku Sekretaris Jenderal ISMKI dan para relawan RECON.

Aris dalam kata sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan dan generasi solutif diharapkan dapat menjadi penggerak Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk masyarakat. 

Kolaborasi mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan stakeholders lainnya dengan masyarakat untuk disiplin menerapkan AKB adalah kunci keberhasilan menekan laju pandemi dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved