Breaking News:

Berkiprah Sejak Tahun 1955, Seniman Arja I Made Gari Turut Meriahkan "Makedekan Ajak Clekontong Mas"

Salah satu seorang seniman Arja, yakni I Made Gari berkesempatan hadir dalam acara 'Makedekan Ajak Clekontong Mas' pada Minggu (9/8/2020).

Tribun Bali/Karsiani Putri
Salah satu seniman Arja dari Badung, I Made Gari hadir dalam acara 'Makedekan Ajak Clekontong Mas' pada Minggu (9/8/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Salah satu seorang seniman Arja, yakni I Made Gari berkesempatan hadir dalam acara 'Makedekan Ajak Clekontong Mas' pada Minggu (9/8/2020).

Pria yang berasal dari Tegal Darmasaba, Banjar Bucu, Badung, Bali ini kini telah berusia 80 tahun dan hingga saat ini masih aktif melatih para seniman muda yang ingin membangkitkan kembali kesenian Arja.

Ketika ditemui Tribun Bali, I Made Gari menuturkan bahwa dirinya telah menggeluti kesenian ini sejak tahun 1955 yang di mana Ia diajari oleh Alm. Pak Wayan Tinas.

"Saya sudah pernah pentas di Buleleng, Karangasem, Badung, Negara, sampai Tabanan. Dan hampir di semua daerah Bali," ucapnya.

BPJS Ketenagakerjaan Kumpulkan Nomor Rekening Pekerja Swasta Calon Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

Tabanan Siapkan Aplikasi Tiket Online, Tawarkan Paket Wisata Terintegrasi

Tanam 100 Pohon, Bupati Giri Prasta Akan Intensifkan Pembangunan Taman Gumi Banten

Ia mengaku bahwa acara 'Makedekan Ajak Clekontong Mas' ini merupakan acara yang positif dan baginya membuat orang lain tertawa adalah hal yang menyenangkan bagi dirinya.

I Made Gari pun berharap agar kesenian Arja tidak punah.

"Harus dilanjutkan dan dilestarikan apalagi kesenian Arja sekarang ini sudah mulai jarang. Semoga kesenian Arja ini bisa bangkit," pesannya kepada seniman muda Bali. (*)

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved