Breaking News:

Berita Banyuwangi

Beri Makan Ribuan Lansia Dhuafa Tiap Hari Lewat Program Rantang Kasih, Banyuwangi Raih Rekor Muri

Kabupaten Banyuwangi menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup

Editor: Irma Budiarti
Surya/Haorrahman
Kabupaten Banyuwangi menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia (Muri) Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup sebagai daerah pertama di dunia yang menyantuni ribuan dhuafa dengan makanan siap saji bergizi setiap hari. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia (Muri) Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup sebagai daerah pertama di dunia yang menyantuni ribuan dhuafa dengan makanan siap saji bergizi setiap hari.

Penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Muri Jaya Suprana kepada Bupati Abdullah Azwar Anas melalui pertemuan virtual, Kamis (13/8/2020).

Jaya Suprana mengatakan, rekor Muri yang diraih oleh Banyuwangi tersebut, merupakan bentuk penghormatan bagi Banyuwangi karena menjadi daerah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kemanusiaan.

Menurut Jaya, Banyuwangi dinilai sebagai daerah pertama yang memberikan makanan secara langsung kepada ribuan orang lanjut usia (lansia) dhuafa melalui program Rantang Kasih.

“Program Rantang Kasih yang diluncurkan oleh Banyuwangi ini merupakan implementasi nyata dari nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung dalam UUD 45 dan Pancasila. Kami bahagia dan berterima kasih karena Banyuwangi menjadi contoh nyata penerapan nilai-nilai baik tentang kemanusiaan tersebut. Karena itulah rekor Muri ini kami berikan,” ujar Jaya Suprana.

Program Rantang Kasih diluncurkan oleh Banyuwangi sejak tahun 2017.

Dalam program ini, para lansia miskin mendapatkan kiriman rantang makanan siap saji setiap hari secara gratis.

Total ada 3.071 penerima program Rantang Kasih yang dananya berasal dari kolaborasi APBD Banyuwangi, Badan Amil Zakat, dan alokasi dana desa (ADD).

Program ini dilaksanakan oleh lintas sektor, seperti kecamatan dan desa sebagai koordinator penyalur makanan, Dinas Kesehatan terlibat menyupervisi gizi dan higienitas makanan yang disediakan oleh warung-warung rakyat.

Hingga Dinas Pendidikan juga dilibatkan untuk mengajak para pelajar secara berkala mengunjungi warga lansia guna memupuk rasa kepekaan sosial sejak dini.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved