Begini Cara Pesan Uang Peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI yang Bakal Diterbitkan BI

masyarakat yang ingin melakukan pemesanan penukaran secara online UPK75, bisa mengisi formulir pemesanan pada aplikasi PINTAR

Istimewa
ILUSTRASI. Uang baru Rp 75.000 edisi koleksi dalam rangka memperingati kemerdekaan yang ke-75 tahun Republik Indonesia 

TRIBUN-BALI.COM - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang peringatan (commemorative money)  hari ini, Senin (17/8/2020).

"Selain itu, ini juga sebagai wujud dalam mensyukuri anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka, simbol memperteguh kebhinekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia," tutur bank sentral dalam siaran pers, Senin (17/8/2020).

Agar masyarakat bisa lebih mengenali ciri-ciri keaslian uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI, BI telah menyediakan media komunikasi dan edukasi kepada masyarakat lewat poster dan informasi yang bisa diunduh lewat website BI, atau lewat tautan https://pintar.bi.go.id.

Lebih lanjut, masyarakat yang ingin melakukan pemesanan penukaran secara online UPK75, bisa mengisi formulir pemesanan pada aplikasi PINTAR di website BI melalui tautan https://pintar.bi.go.id

Subsidi Gaji Rp 600 per Bulan Bakal Cair 25 Agustus 2020, Nanti Diserahkan Langsung Presiden Jokowi

5 Tanda-tanda Gula Darah Naik yang Sering Tak Disadari

Ini 4 Bahan & Kandungan dalam Makeup yang Bisa Merusak Kulit Anda, Wajib Dihindari

Periode pemesanan penukaran terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama tanggal 17 Agustus-30 September 2020 dengan tempat penukaran di kantor pusat BI dan 45 kantor perwakilan BI.

Kedua, pemesanan penukaran tahap 2 tanggal 1 Oktober 2020 sampai selesai, dengan penukaran di BI pusat dan perwakilan di daerah, serta bank umum yang ditunjuk.

BI pun menjelaskan, tema besar dalam desain uang peringatan ini adalah pertama, mensyukuri kemerdekaan.

Kedua, memperteguh kebhinnekaan.

Ketiga, menyongsong masa depan gemilang, yang ini dilambangkan dalam gambar-gambar yang merupakan desain uang peringatan.

Mensyukuri kemerdekaan digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera pada saat proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 silam.

 Di sini juga digambarkan dengan gambar proklamator Ir. Soekarno dan Dr.s Mohammad Hatta, dipermanis dengan gunungan yang memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru.

Memperteguh kebhinnekaan digambarkan dengan anak Indonesia menggunakan pakaian ada yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur NKRI.

Selain itu, digambarkan dengan beragam kain motif Nusantara seperti tenun Gringsing Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatra Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian.

Menyongsong masa depan gemilang digambarkan dengan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

Baliho Giring Untuk Presiden 2024 Viral, Giring Ganesha : Tunggu Tanggal Mainnya

9 Monumen untuk Mengenang Perjuangan Bangsa, Tugu Proklamasi di Jakarta Hingga Bajra Sandhi di Bali

Begini Penuturan Relawan & Sopir Ambulans yang Bawa Pasien Bocah Kritis yang Dihalangi Mobil Kijang

Ada juga gambar peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global, serta anak Indonesia yang digambarkan sebagai SDM unggul di era Indonesia Maju.(*)

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved