Tanggal 19 Agustus Pergerakan Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Capai 4.056 Orang

Rute penerbangan domestik favorit atau yang dominan paling banyak pada periode tersebut masih Jakarta-Denpasar dan Surabaya-Denpasar.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), menyambut kedatangan wisatawan nusantara/domestik di terminal kedatangan domestik Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (31/7/2020). 

TRIBUN-BALI.COM - Trafik pergerakan penumpang khususnya terminal kedatangan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali periode 1 sampai 19 Agustus 2020 mencapai 49.391 orang.

“Khusus di terminal kedatangan domestik periode 1-19 Agustus kemarin mencapai total 49.391 pergerakan penumpang,” kata Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Andanina Dyah Permata Megasari, Kamis (20/8/2020).

Menurut Megasari, jika dihitung rata-rata per hari mencapai 2.500 orang penumpang yang tiba di Bali pada periode tersebut.

“Tanggal 19 (Agustus) kemarin paling tinggi pergerakan penumpang jika dibanding hari-hari sebelumnya di terminal kedatangan domestik mencapai 4.056 penumpang,” ungkap Andanina Megasari.

Sebelumnya, kata Megasari, pada periode tanggal 14 hingga 16 Agustus 2020 kedatangan domestik per hari rata-rata mencapai 3 ribu penumpang.

Rute penerbangan domestik favorit atau yang dominan paling banyak pada periode tersebut masih Jakarta-Denpasar dan Surabaya-Denpasar.

Catat Pertumbuhan

Sebelumnya, Pts General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Rahmat Adil Indrawan mengakui adanya pertumbuhan penumpang pesawat udara rute domestik.

"Sejak tanggal 14 Agustus 2020, kami sudah mengalami peningkatan penumpang yang lumayan, kurang lebih 1.000 hingga 1.500 penumpang per hari, bersamaan dengan libur panjang 17 Agustus," ujar Rahmat Adil Indrawan dalam keterangan yang dikutip dari antaranews.com, Selasa (18/8/2020).

Pada periode libur Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2020 lalu, pihaknya mencatat ada sejumlah 6.394 orang penumpang rute domestik yang memasuki wilayah Bali via pesawat udara atau rata-rata terdapat 2.131 orang penumpang yang tiba selama tiga hari tersebut.

Sementara, kata dia, pada libur akhir pekan tanggal 14-16 Agustus 2020, tercatat sebanyak 11.181 orang penumpang tiba di Pulau Dewata melalui penerbangan rute domestik dengan rata-rata per harinya sebanyak 3.727 orang penumpang terlayani di Terminal Kedatangan Domestik.

Dengan demikian, kata dia, terdapat pertumbuhan sebesar 75 persen dan pertumbuhan rata-rata harian sebanyak 1.596 penumpang dalam perbandingan kedua periode libur tersebut.

"Mudah-mudahan dengan momentum libur panjang akhir pekan ini menjadi momen di mana penumpang domestik kembali traveling dan kembali meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Pulau Bali," ujarnya. (zae/antara)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved