Breaking News:

Yogyakarta Internasional Airport Telah Diresmikan Presiden Jokowi, Begini Fasilitas dan Pendukungnya

Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Jumat (28/8/2020).

Istimewa
Foto kiriman Corporate Communication Angkasa Pura Airports. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Jumat (28/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, YOGYAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Jumat (28/8/2020).

Peresmian YIA ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

“Terima kasih kepada Angkasa Pura Airports dan PP yang pengerjaannya menurut saya ini terbaik di Indonesia untuk saat ini. Saya yakin bandara ini akan menjadi bandara yang paling ramai jika vaksin telah ditemukan," ujar Presiden Jokowi.

"Bandara ini dikerjakan sangat cepat, hanya 20 bulan dan kalau kita bandingkan dengan Bandara Adisutjipto, panjang runway disana 2.200 meter, disini 3.250 meter dan mampu didarati oleh pesawat Airbus A380 dan Boeing 777,” kata Presiden Joko Widodo.

Niatnya Menembak Mata Kancil, Ternyata Teman Sendiri yang Ditembak Sampai Tewas

Diawali dengan Acara Seri Animasi Si Unyil, Ini Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 29 Agustus 2020

Ramalan Shio 29 Agustus 2020, Shio Monyet Bersantailah, Shio Babi Jangan Terlalu Banyak Berpikir

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyampaikan hadirnya YIA ini merupakan bentuk kontribusi Angkasa Pura I untuk menghadirkan layanan bandara berkelas dunia dengan mengutamakan aspek kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi seluruh pengguna jasa bandara

Serta ini juga sebagai solusi atas permasalahan lack of capacity yang terjadi di Bandara Adisutjipto.

YIA dibangun dengan investasi dana sebesar Rp11,3 triliun, di mana Rp 7,1 triliun digunakan untuk pembangunan fisik dan Rp 4,2 triliun untuk pembebasan lahan.

Dengan luas terminal sebesar 219.000 meter persegi dan total luas area bandara mencapai 587 hektar, menjadikan YIA sebagai salah satu bandara terbesar di Indonesia dengan kapasitas saat ini dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun atau 11 kali lebih besar dari Bandara Adisutjipto yang hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

Pada kapasitas ultimate, YIA nantinya dapat menampung hingga 24 juta orang per tahun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved