Breaking News:

Viral

Hasil Sidang Terhadap Polisi yang Memeras Turis Jepang Rp. 1 Juta

Dua polisi Jembrana yang viral karena memeras turis Jepang sebesar Rp. 1 juta diputuskan bersalah

Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Istimewa
Tangkapan video oknum polisi di Bali menilang turis Jepang sebesar Rp 1 Juta. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Dua polisi Jembrana yang viral karena memeras turis Jepang sebesar Rp. 1 juta diputuskan bersalah dalam sidang disiplin di Polres Jembrana.

Keduanya harus menjalani tahanan.

"Iya, keduanya diputuskan bersalah setelah menjalani sidang disiplin," kata Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Syamsi, Jumat (2/10/2020)

Keduanya menjalani sidang disiplin pada 29 September 2020 kemarin dan sanksi mulai diberlakukan pada 30 September 2020 kemarin.

Turis Jepang Tewas saat Selfie di Taj Mahal

Arti Mimpi Menyikat Gigi, Cinta yang Bertepuk Sebelah Tangan hingga Mendapatkan Pujian

BREAKING NEWS: Donald Trump Dikabarkan Positif Covid-19

Syamsi menjelaskan, terhadap Aipda IMW yang berkomunikasi langsung dengan turis Jepang dikenakan sanksi penjara selama 28 hari, dikenakan mutasi demosi, dan dilakukan pembebasan jabatan.

Kemudian, polisi Bribka IPD yang melihat langsung kejadian pemerasan itu juga ikut dihukum sanksi disiplin: dipenjara 21 hari, dikenakan mutasi demosi, dan dijadikan staf biasa. 

Hasil sidang disiplin, uang hasil pemerasan sejumlah Rp. 900 ribu itu digunakan sendiri oleh Aipda IMW untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Syamsi mengatakan, Bripka IPD ikut dinyatakan bersalah karena dia melihat kejadian, tapi tidak melarang Aipda IMW melakukan pemerasan.

Apakah sanksi tersebut akan membuat efek jera, Syamsi tidak menjamin, yang jelas jika ada polisi yang melakukan hal yang sama akan disanksi juga sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada

"Namanya peraturan sudah dalam aturan itu aturan disiplin anggota Polri, itu kan memang sudah begitu ketentuannya. Terkait jera atau tidak kalau ada pelanggaran, kita proses lagi," ucap Syamsi.(*).

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved