Breaking News:

Cegah Korupsi di Masa Pandemi & Pilkada 2020,KPK Perkuat Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum di Bali

Dalam penanganan kasus korupsi khususnya di Bali, Polda Bali sudah menyikapi hal tersebut bahkan tidak hanya melakukan penegakan hukum

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Wema Satya Dinata
Polda Bali
Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Raihand Golose saat rapat koordinasi dengan Wakil Ketua KPK dan Kajati Bali, Rabu (21/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam meningkatkan sinergitas dan kinerja aparat penegak hukum untuk bisa lebih optimal dan profesional terutama upaya pencegahan korupsi di masa pandemi Covid-19 dan tahapan Pilkada serentak 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapat koordinasi dengan penegak hukum khususnya Polda Bali dan Kajati Bali di Gedung Perkasa Raga Garwita Polda Bali pada Rabu (21/10/2020).

Rapat yang dihadiri Wakil Ketua KPK RI yakni Lili Pintauli Siregar, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose dan Kajati Bali Erbagtyo Rohan serta jajaran masing-masing.

Dalam penanganan kasus korupsi khususnya di Bali, Polda Bali sudah menyikapi hal tersebut bahkan tidak hanya melakukan penegakan hukum tapi juga melakukan upaya-upaya pencegahan.

Upaya yang dilakukan yakni dengan melaksanakan sosialisasi kepada para mahasiswa dan instansi pemerintah terutama dalam pengelolaan dana desa serta melakukan pengawalan penyaluran anggaran Covid-19.

Baca juga: Satu Tahanan Polisi di Buleleng Terkonfirmasi Positif Covid-19

Baca juga: Kebakaran Tumpukan Sampah Hebohkan Warga Desa Asak Karangasem, 3 Armada Damkar Diturunkan ke Lokasi

Baca juga: BREAKING NEWS: Besok Kampus Unud Sudirman Ditutup hingga Lusa

Anggaran yang di maksud yakni bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan sosial tunai (BST), bahkan pencegahan dan penegakan sudah dilakukan dengan berkoordinasi serta bekerjasama dengan aparat penegak hukum lainnya.

Diantaranya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan memperkuat audit aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) di Kementerian, Lembaga juga Pemda serta melakukan pengawasan program subsidi upah pekerja dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Terkait upaya pencegahan korupsi, pemerintah tengah serius dalam menangani pandemi Covid-19 dan negara sudah sangat besar mengeluarkan anggaran untuk penanganan pandemi tersebut mengingat hal ini menjadi perhatian bersama khususnya dalam penggunaan anggaran penanganan Covid-19.

"Semoga momentum baik ini, dapat memberikan berbagai solusi terkait permasalahan yang dihadapi terutama dalam pencegahan dan penegakkan hukum kasus korupsi," ujar Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Rabu (21/10/2020).

"Apapun yang menjadi program dari KPK, saya selaku pimpinan Polda Bali akan selalu siap untuk mendukung dan melaksanakan serta saya yakin, masyarakat Bali juga akan turut mendukung karena masyarakat sangat yakin pada hukum karma terlebih terkait dengan tindakan yang koruptif," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved