Breaking News:

Hari Sumpah Pemuda, Pasca Terdampak Pandemi, Pemuda Bali Bangkit Bersatu Resmikan Koperasi Arak

Pemuda asal Bali yang terdiri dari eks bartender kapal pesiar, pelaku pariwisata hingga petani arak meresmikan Koperasi Arak

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Peresmian Koperasi Arak di Kantor DPD RI Bali, Denpasar, Bali, pada Rabu (28/10/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemuda asal Bali yang terdiri dari eks bartender kapal pesiar, pelaku pariwisata hingga petani arak meresmikan Koperasi Arak di Kantor Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Provinsi Bali, Jalan Cok Agung Tresna, Denpasar, Bali, Rabu (28/10/2020).

Mengusung semangat sumpah pemuda, Koperasi Arak yang dihuni mayoritas pemuda terdampak Covid-19 yang bersemangat mengusung kearifan lokal dan melestarikannya serta menjadi sumber pendapatan baru mereka.

Kedatangan mereka diterima oleh Anggota DPD RI Bali, Arya Wedakarna, sebelumnya telah dilaksanakan audiensi untuk mencari solusi menengahi aspirasi terkait arak Bali, hingga akhirnya diresmikan menjadi suatu wadah koperasi khusus yang dibentuk pada bulan Mei 2020 lalu.

Arya Wedakarna akrab disapa AWK menuturkan, bahwa para pemuda mengadu ke DPD RI agar dapat mengoptimalkan penjualan arak yang menjadi sumber pendapatan baru mereka setelah kehilangan mata pencaharian terdampak pandemi Covid-19 dan tidak tersandung hukum.

Baca juga: Gagal Menikung Lalu Tabrak Pembatas Jalan, Remaja Ini Alami OC di Jalan Bypass Ngurah Rai

Baca juga: Seorang Emak Menyelinap Bawa Bensin ke Balai Kota, Ancam Bakar Kantor Gubernur Anies Baswedan

Baca juga: Ashanty Gali Lebih Dalam Sosok Sarah Menzel yang Berdarah Jerman hingga Punya Cafe di Canggu

"Awal masa pandemi terdapat beberapa anak muda berjualan arak, waktu itu dimasalahkan secara hukum mendapat sidak dari Bea Cukai, mereka mengadu ke DPD RI terkait masalah mereka terdampak dari dunia pariwisata banting setir berjualan arak," kata AWK kepada Tribun Bali usai peresmian Koperasi Arak.

Disebutkannya, penjualan arak Bali memiliki potensi yang tinggi apabila ditata dengan seksama.

Diklaim penjualan arak hampir melampaui minuman beralkohol lainnya.

"Penjualan arak akhir-akhir ini meningkat di Bali, bahkan hampir menggeser minuman beralkohol lainnya yang diproduksi pabrik resmi," tuturnya.

Pendirian Koperasi Arak ini telah resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Keuangan, Bea Cukai dan Dinas Provinsi terkait.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved