Penanganan Covid

Desa Taman di Badung Tangani Covid-19 Secara Gotong Royong, Warga Bantu Beri Makan Ternak

Mencegah penyebaran Covid-19 tidak bisa dilakukan sendiri. Namun harus dilakukan dengan cara bersama-sama.

Penulis: I Komang Agus Aryanta | Editor: Ady Sucipto
dok/ist
HAND SANITIZER - Pj Perkebel Desa Taman, I B Wisnawa Kesuma, saat memberikan hand sanitizer kepada setiap warung yang ada di wilayahnya. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Mencegah penyebaran Covid-19  tidak bisa dilakukan sendiri. Namun harus dilakukan dengan cara bersama-sama.

Seperti halnya warga Desa Taman, Abiansemal, Kabupaten Badung, yang melakukan penanganan Covid-19 secara gotong royong.

Semua elemen masyarakat, dari orang tua hingga sekaa teruna bahu membahu melaksanakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Tidak hanya menerapkan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak, namun masyarakat juga membantu warga yang terpapar Covid-19.

Hal itu terlihat saat seorang warga terpapar Covid-19 dan dikarantina di rumah atau karantina mandiri. Saat menjalani karantina satgas gotong royong membantu dengan memberikan sembako.

Jika warga yang dikarantina memiliki ternak peliharaan, sekaa teruna dan warga ber gotong royong membantu memberi makan ternak milik warga yang terpapar Covid-19 tersebut.

Pj Perkebel Desa Taman, Ida Bagus Wisnawa Kesuma, mengatakan penanganan Covid-19 secara gotong royong sudah dilakukan sejak awal pandemi.

"Kami dari awal sudah memiliki satgas Gotong Royong. Jadi semua itu sudah menjalankan tugas dengan baik. Memberi imbauan maupun memberikan masker kepada masyarakat secara gratis," ujarnya, Minggu (8/11).

Di Desa Taman juga dibentuk Satgas Relawan yang bertugas membantu masyarakat yang terpapar Covid-19.

Selain itu memberikan dukungan kepada warga yang karantina mandiri.

Selama menjalani karantina mandiri Satgas Relawan Covid-19 Desa Taman bersinergi dengan Satgas Gotong-royong Desa Taman dan antusias untuk memberi perhatian kepada keluarga.

Di awal karantina mereka juga diberi bantuan sembako.

Tidak hanya itu, kalau misalnya ada warga yang memiliki ternak dan lainnya, satgas ini dan anggota keluarganya juga turut membantu untuk memberikan pakan ternaknya.

"Kami dari Satgas membantu sembako. Selain itu juga  ada inisiatif warga, STT, keluarga dekat turut juga membantu. Artinya saling gotong royong," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved