Breaking News:

Serba serbi

Dharmagita Nyanyian Sakral Umat Hindu untuk Yadnya Hingga Hiburan

Dharmagita berfungsi sebagai salah satu unsur yang dapat membuat sebuah yadnya menjadi satwika yadnya.

Tribun Bali/ Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Dharmagita berfungsi sebagai salah satu unsur yang dapat membuat sebuah yadnya menjadi satwika yadnya.

Hal ini dapat dipahami melalui pemaknaan hakikat dharmagita sebagai sebuah sastra tembang.

Tembang juga disebut sekar. Sekar juga dapat berarti bunga. Demikian dijelaskan Koordinator Prodi Magister Kajian Budaya FIB Unud, Prof. I Nyoman Suarka.

Dharmagita adalah suatu nyanyian kebenaran, nyanyian keadilan, yang dinyanyikan dalam pelaksanaan upacara agama Hindu,” jelasnya kepada Tribun Bali, Minggu (8/11/2020).

Dharmagita sangat berperan dalam kegiatan upacara agama, sebagai pencurahan perasaan bakti dan pembimbing konsentrasi pikiran menuju suatu kebenaran.

Hal ini disebabkan, jelas dia, karena dharmagita mengandung ajaran agama, susila, tuntunan hidup, serta pelukisan kebesaran Tuhan dalam berbagai manifestasi-Nya.

Sejalan dengan itu, dharmagita sebagai salah satu budaya Hindu, sangat berperanan penting dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama di kalangan generasi muda Hindu sehingga perlu ditanamkan sejak dini.

Lanjutnya, sebagaimana disebutkan dalam Kakawin Nitisastra bahwa pada zaman Kali (era keributan) tiba, maka tidak ada yang melebihi daripada harta kekayaan (uang).

Orang-orang cenderung berebut harta kekayaan dan kekuasaan, tanpa menghiraukan moral dan etika.

Halaman
1234
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved