Breaking News:

Penanganan Covid

Terkait Vaksin Covid-19, BPOM : Perlu Waktu untuk Hasilkan Vaksin yang Aman dan Bermutu

Terkait Vaksin Covid-19, BPOM : Perlu Waktu untuk Hasilkan Vaksin yang Aman dan Bermutu

khybernews.tv
ilustrasi vaksin Covid-19 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito, mengatakan, proses pengembangan vaksin Covid-19 membutuhkan waktu.

Mengapa demikian?

Disebukan pengembangan vaksin perlu serangkaian proses penelitian yang perlu dilakukan, serta ketersediaan sejumlah data scientific dengan pertimbangan risiko dan manfaat untuk menjamin vaksin tersebut aman, berkhasiat, dan bermutu.

Ia melanjutkan, BPOM tidak bekerja sendiri dalam memberi keputusan izin penggunaan vaksin virus corona ini.

Melainkan memerlukan kerja sama dari berbagai pihak sesuai kapasitasnya di sepanjang life cycle vaksin.

“Saya harap tidak ada lagi pertanyaan mengapa perizinan vaksin COVID-19 lambat. Karena memang untuk produk obat dan vaksin, ada parameter-parameter yang perlu dijaga untuk memastikan produk aman digunakan dan memberikan khasiat sesuai harapan,” tegas Kepala Badan POM beberapa waktu lalu.

Ketiga aspek tersebut ditambahkan Penny, tidak cukup untuk memperoleh izin penggunaan vaksin dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

 Di sepanjang proses penyaluran melalui fasilitas distribusi hingga pemberian kepada masyarakat melalui fasilitas pelayanan kesehatan diperlukan lagi pengawalan ketat untuk memastikan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin tetap terjaga.

 Terutama terkait dengan prosedur khusus yang diperlukan dalam rantai distribusi vaksin sebagai produk rantai dingin (cold chain product).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved