Breaking News:

Human Interest Story

Dedikasi Gung Tini Gorda di Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Raih Penghargaan API 2020

Dr.A.A.A.Ngurah Tini Rusmini Gorda, SH, MM,MH adalah satu dari 8 wanita di Indonesia yang menerima Anugerah Perempuan Indonesia (API) 2020 bidang

Penulis: Noviana Windri | Editor: Wema Satya Dinata
TRIBUN BALI/NOVIANA WINDRI
A.A.A.Ngurah Tini Rusmini Gorda saat ditemui di kediamannya di Jalan Setiaki, Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara, Sabtu (5/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dr.A.A.A.Ngurah Tini Rusmini Gorda, SH, MM,MH adalah satu dari 8 wanita di Indonesia yang menerima Anugerah Perempuan Indonesia (API) 2020 bidang Pendidikan dari Perkumpulan Pemimpin Perempuan Indonesia (PPPI) dan dikukuhkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Setelah menyelesaikan studi Doktoral di Universitas Brawijaya pada 23 September 2013 lalu, Gung Tini Gorda langung berikrar pada diri untuk bisa menyebar luaskan hasil penelitian disertasi berjudul 'Kebijakan Formulasi Pedofilia Dalam Melindungi Anak sebagai Korban'.

Hal tersebut ia lakukan sebagai upaya mewujudkan salah satu cita-cita hidup keluarga, yaitu bermanfaat untuk sesama.

Untuk mencapai hal tersebut, Gung Tini Gorda, sapaan akrabnya mencoba untuk lebih serius menerjemahkan tugas sejarah tersebut dalam sebuah program Pengembangan Karakter Generasi Emas.

"Apa yang menjadi rekomendasi disertasi saya saat itu langsung saya serahkan kepada Komisi VIII DPR RI. Sehingga ada jaminan hasil disertasi saja menjadi salah satu muatan dalam perubahan UU Perlindungan Anak. Saya kemudian membuat lembaga dari sosialisasi yang saya lakukan," jelasnya kepada Tribun Bali saat ditemui di kediamannya, Jalan Setiaki, Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara, Sabtu (5/12/2020).

Gung Tini Gorda kemudian melakukan sosialisasi ke seluruh kabupaten/kota di seluruh Bali dan menemukan kekerasan terhadap anggota keluarga dialami oleh keluarga yang kurang sejahtera.

Hal tersebut yang membuatnya mendirikan Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) yang saat ini telah berjalan selama 6 tahun tepatnya berdiri sejak 23 Februari 2015.

Pada tahun 2016, ia didapuk sebagai 50 Inspirator Nasional Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) 2016 Program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 31 Mei 2016 di Yogyakarta.

Gung Tini Gorda bersama 2 perempuan Bali yang juga terpilih menjadi Inspirator Nasional ikut mensosialisasikan program unggulan Kemen PPPA yaitu 'Three Ends' atau akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan orang, dan akhiri ketidakadilan akses ekonomi bagi perempuan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved