Kisah Sukses CEO Muda Ini Jadi Tajir Melintir dalam Semalam

Perusahaannya memproduksi alat yang disebut pemindai lidar yang menggunakan laser untuk memberikan mobil otonom pandangan tiga dimensi ke jalan

Luminar via New York Post
Austin Russell, CEO Luminar Technologies dari Florida, Amerika Serikat. 

TRIBUN-BALI.COM - CEO Luminar Technologies, Austin Russell (25) menjadi kaya dalam satu malam setelah debut pasar saham perusahaannya pekan ini, lapor New York Post, pada Jumat (4/12/2020).

Pendiri perusahaan rintisan yang membantu mobil dapat mengemudi sendiri itu baru saja menjadi seorang miliarder meski usianya belum cukup umur untuk menyewa mobil sendiri.

Perusahaan Russell berbasis di Florida, dia dirikan ketika masih berusia 17 tahun.

Perusahaannya memproduksi alat yang disebut pemindai lidar yang menggunakan laser untuk memberikan mobil otonom pandangan tiga dimensi ke jalan serta apa yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Update Covid-19 Bali, 5 Desember: Kasus Positif Bertambah 91 Orang, 135 Pasien Sembuh & 1 Meninggal

Baca juga: Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh, Kontrol Gula Darah hingga Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Baca juga: Polisi Kembali Panggil Rizieq Shihab Senin Pekan Depan, Begini Jawaban FPI

Harga saham perusahaan Luminar miliknya melonjak hampir 28 persen pada Kamis, memberi perusahaan itu nilai pasar sekitar 7,8 miliar dollar Amerika Serikat (AS) menurut laporan Wall Street Journal.

Itu artinya Russell kini memiliki 104,7 juta saham, sekitar sepertiga dari saham perusahaan yang beredar yang bernilai 2,4 miliar dollar AS dan menjadikannya miliarder termuda di dunia versi Forbes.

Kekayaannya melonjak lebih tinggi lagi pada Jumat kemarin dengan saham perusahaannya mencapai hampir 37 persen membuat kekayaan bersih Russell senilai 3,3 miliar dollar AS jelang akhir pekan ini.

"Ini benar-benar tidak nyata walau masuk akal dan sulit menjelaskan dikotomi atas keduanya, namun tentu ini selalu jadi tujuan," ujar Russell dikutip CNBC, Kamis kemarin.

"Kami telah menyiapkan perusahaan untuk menjadi bisnis dan kekuatan jangka panjang yang berkelanjutan dan mendukung masa depan otonomi untuk semua pembuat mobil ini," tambahnya

Russell adalah salah satu miliarder pertama yang tampil dengan bisnis kendaraan tanpa pengemudi.

Dia keluar dari Stanford University saat berusia remaja pada tahun 2012 untuk memulai perusahaan Luminarnya dengan bantuan beasiswa yang disponsori oleh taipan Silicon Valley Peter Thiel yang juga berinvestasi di Facebook dan Palantir

 Di bawah kepemimpinan Russell, perusahaan Luminar telah menandatangani kesepakatan untuk memasok unit lidar bagi kendaraan merek Volvo dan bermitra dengan Daimler Truck juga Mobileye, unit kendaraan otonom Intel.

"Sekarang semuanya tentang skala, eksekusi, dan menyaksikannya," kata Russell kepada Reuters.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CEO Muda Ini Jadi Tajir Melintir dalam Satu Malam, Seperti Apa Kisahnya?",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved