Penanganan Covid

Kunjungan DTW di Bali Diprediksi Meningkat Saat Nataru, Pendisiplinan Prokes Masif Dilakukan

Kawasan Kintamani menjadi perhatian khusus Satgas Covid-19 di Bali saat libur panjang Natal dan Tahun Baru

Istimewa
Kegiatan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 di wilayah Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali Selasa (22/12/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI- Daerah Tujuan Wisata (DTW) seperti di kawasan Kintamani, Bangli, Bali menjadi perhatian khusus Satgas Covid-19 di Bali saat libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) di tengah masa pandemi Covid-19.

Operasi Yustisi Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan semakin gencar dan masif digelar dalam rangka mengatasi dan menekan penyebaran Covid-19.

Seperti terlihat dalam kegiatan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 di Kecamatan Kintamani, Tembuku dan Susut pada Selasa (22/12/2020).

Sasaran yang dituju dalam pendisiplinan protokol kesehatan ini meliputi objek wisata, pasar, restoran, warung atau kedai kopi dan titik keramaian lainnya.

Baca juga: Pandemi dan Sepi Wisatawan, Pendapatan Pasar Kumbasari Denpasar Jeblok Rp 700 Juta Per Hari

Baca juga: PHRI Badung Harapkan Menparekraf yang Terpilih Bisa Bekerjasama untuk Bangkitkan Pariwisata

Baca juga: Cegah Klaster Covid-19 Nataru, Pangdam IX/Udayana Perintahkan Prajurit Jalani Tes Swab PCR

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan pada hari libur Natal dan Tahun Baru 2021," terang Dandim 1626/ Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana S.I.P. , melalui keterangan tertulis kepada Tribun Bali.

Upaya ini juga selaras dengan implementasi dari penerapan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Bangli Nomor 39 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

Para Babinsa bersinergi dengan unsur pengamanan lainnya dari pihak Pemerintah Daerah, pihak kepolisian, dinas terkait dan juga unsur Satgas Gotong Royong Desa aktif mengedukasi masyarakat.

"Ada 97 personel terlibat penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dari unsur TNI Kodim 1626/ Bangli, Polres Bangli dan Pemkab Bangli yaitu Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Pemerintah Kecamatan dan juga Satgas Gotong Royong Desa,"papar dia.

Pengawasan terhadap kunjungan wisatawan ke Bangli khususnya Kintamani yang menjadi tujuan dari wisatawan yang saat ini di dominasi oleh wisatawan domestik juga ditingkatkan.

"Selain di Kintamani pihaknya juga melaksanakan kegiatan serupa di wilayah Bangli, yakni Tembuku dan Susut karena tiga wilayah tersebut juga memiliki tempat wisata," jelasnya.

Kabag Operasi Polres Bangli, Kompol I Wayan Sunarta yang memimpin apel kesiapan telah membagi tugas masing-masing instansi yang dibagi menjadi dua tim yaitu tim pengamanan kunjungan wisata dan tim penegakan yustisi.

Dalam operasi yang berlangsung selama dua setengah jam tersebut secara total didapatkan 34 orang warga yang melanggar penerapan protokol kesehatan

"34 orang warga tidak menggunakan masker sehingga bagi mereka sebanyak 25 orang diberikan tindakan push up dan 9 orang melaksanakan sanksi sosial. Sementara 2 orang salah menggunakan masker, sehingga harus disampaikan penggunaan yang benar," rinci Kabag Ops.

Kompol I Wayan Sunarta menekankan, pelaksanaan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 terus dilaksanakan terlebih pada saat pelaksanaan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 cukup panjang.

"Kunjungan wisatawan lokal maupun domestik pasti meningkat dan kita tidak menginginkan adanya kluster baru penyebaran Covid-19 dari kegiatan wisata maupun yang lainnya," pungkasnya.(*).

Catatan Redaksi: Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Bali mengajak seluruh Tribunners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved