Breaking News:

Paus Fransiskus ke Irak Bulan Maret Bertemu Ulama Syiah dan Kunjungi Tempat Kelahiran Nabi Ibrahim

Paus Fransiskus dan Ayatollah Ali al-Sistani akan menandatangani dokumen tentang persaudaraan manusia untuk perdamaian dunia.

Chatolic.org
Paus Fransiskus akan berkunung ke Irak bulan Maret 2021 mendatang. Di Irak Paus Fransiskus akan bertemu Ulama Syiah terkemuka Ayatollah Ali al-Sistani. 

TRIBUN-BALI.COM, BAGHDAD – Pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransiskus dijadwalkan berkunung ke Irak bulan Maret 2021 mendatang.

Di Irak Paus Fransiskus akan bertemu Ulama Syiah terkemuka Ayatollah Ali al-Sistani. Rencana kunjungan Sri Paus disampaikan Patriark Gereja Katolik Khaldea Irak Louis Sako kepada AFP, Kamis 28 Januari 2021.

Louis Sako mengatakan, kunjungan pemimpin Takhta suci tersebut akan menjadi “kunjungan pribadi” antara dua tokoh agama tanpa formalitas.

Dubes RI untuk Takhta Suci Serahkan Surat Kepercayaan kepada Paus Fransiskus

Vatikan Konfirmasi Paus Fransiskus dan Paus Benediktus XVI Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Dalam Pesan Natal, Paus Fransiskus Kritik Mereka yang Menolak Pakai Masker

Louis Sako berharap, Paus Fransiskus dan Ayatollah Ali al-Sistani akan menandatangani dokumen tentang persaudaraan manusia untuk perdamaian dunia.

Dokumen tersebut merupakan teks antar-agama yang mengutuk ekstremisme.

Teks tersebut sebelumnya ditandatangani Paus Fransiskus dengan cendekiawan Sunni terkemuka, Imam Besar Masjid Al-Azhar Syekh Ahmed al-Tayeb pada tahun 2019.

Pemimpin Gereja Katolik di seluruh dunia tersebut dijadwalkan mengunjungi Irak mulai tanggal 5 hingga 8 Maret 2021.

Selama lawatannya di Irak, Paus Fransiskus sedianya akan mengunjungi Baghdad, Mosul, dan Ur. Ur diyakini sebagai tempat Nabi Ibrahim atau Abraham.

Irak pernah mencatat ada lebih dari 1,5 juta populasi orang Kristen. Namun, kelompok ini menjadi terkoyak dan tercerai-berai karena konflik berkepanjangan di negeri tersebut.

Pada tahun 2003, ketika pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat menyerbu Irak, peperangan sektarian mendorong pengikut berbagai denominasi Kristen Irak untuk melarikan diri.

Halaman
123
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved