Breaking News:

Berita Denpasar

Mengapa Penting Tutupi Angka Saat Ketik PIN di ATM? Ini Penjelasan Polda Bali

Total sudah ada 7 bank nasional dan satu bank daerah di Bali yang menjadi korban kejahatan tindak pidana skimming.

Line Today
Ilustrasi skimming ATM 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Masyarakat di Bali diminta berhati-hati saat mengambil uang tunai di mesin ATM. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepolisian Daerah Bali melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus Subdit Cyber Crime mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat mengambil uang tunai di mesin-mesin ATM.

Dari hasil salah satu kasus pengungkapan Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Bali, satu bank nasional saja ada yang mengalami kerugian mencapai Rp 3 Miliyar dari 1.000 nasabah yang dibobol.

Poin-Poin Yang Perlu Diketahui Tentang PPKM Berskala Mikro di Denpasar Mulai Hari Ini

Total sudah ada 7 bank nasional dan satu bank daerah di Bali yang menjadi korban kejahatan tindak pidana skimming.

Dit Reskrimsus Polda Bali baru-baru ini 7 tersangka dari dua kelompok kejahatan skimming yang dikendalikan oleh Bule Bulgaria dan Warga Negara Malaysia.

Seperti disampaikan Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bali, AKBP Ambariyadi Wijaya didampingi Kasubdit V Cyber Crime, I Gusti Ayu Putu Suinaci dan Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Bali AKBP I Gusti Ayu Yuli Ratnawati, S.E. di Kantor Dit Reskrisus Polda Bali, Selasa 9 Februari 2021.

"Agar masyarakat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan dan selalu memastikan keamanan dari nomor PIN yang dimiliki," kata Wadir Reskrimsus

Lanjut dia merinci bahwa masyarakat jangan sampai memberikan nomor PIN ATM kepada siapapun termasuk pihak keluarga maupun perbankan.

"Dalam melakukan transaksi pada mesin ATM agar menutup tombol keypad agar PIN ATM tidak diketahui oleh pelaku kejahatan skimming, selain itu lakukan pergantian nomor PIN secara berkala, dan apabila ada hal yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak berwajib," tegasnya. 

Didominasi Pelaku Asal Luar Negeri 

Halaman
12
Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved