Breaking News:

Apresiasi  Perusahaan Jasa Konstruksi, BPJAMSOSTEK Bali Beri Penghargaan Kepesertaan Jakon Award 

BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Bersama Perusahaan Jasa Konstruksi (Jakon)

Istimewa
BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Bersama Perusahaan Jasa Konstruksi (Jakon) terkait rencana proyek tahun 2021 sekaligus penyerahan penghargaan kepesertaan Jakon Award tahun 2020 di Swiss-Belresort Watu Jimbar, Bali pada tanggal 15-16 Februari 2021 lalu 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Bersama Perusahaan Jasa Konstruksi (Jakon) terkait rencana proyek tahun 2021 sekaligus penyerahan penghargaan kepesertaan Jakon Award Tahun 2020 di Swiss-Belresort Watu Jimbar, Bali pada tanggal 15-16 Februari 2021 lalu. 

Kegiatan yang dibuka oleh Deputi Direktur Wilayah Banuspa, Toto Suharto tersebut  bertujuan untuk mensosialisasikan kembali  manfaat-manfaat kepesertaan BPJAMSOSTEK serta memberikan apresiasi kepada perusahaan jasa konstruksi yang telah menjadi peserta BPJAMSOSTEK. 

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar Serahkan Santunan Pada Ahli Waris Tenaga Kerja Yang Meninggal Dunia

Baca juga: Pengendalian Gratifikasi BPJAMSOSTEK Kembali Terima Penghargaan KPK

"BPJAMSOSTEK memberikan perlindungan kepada tenaga kerja baik sektor formal maupun informal. Khusus untuk proyek, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan berlaku mulai masa perencanaan, pelaksanaan hingga masa pemeliharaan," ujar Toto Suharto. 

Toto Suharto pun berharap iuran tersebut  dapat dibayarkan sebelum proyek dimulai guna mendapatkan perlindungan yang optimal.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar, Mohamad Irfan yang  mengungkapkan bahwa di Kantor Cabang Bali Denpasar sebagian besar perusahaan di bidang jasa konstruksi telah tertib dalam mendaftarkan proyeknya di BPJAMSOSTEK. 

"Hal ini juga yang menjadi dasar untuk menyelenggarakan Jakon Award periode 2020 yang merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap perusahaan jasa konstruksi. Kategori Jakon Award ini meliputi proyek terbaik, iuran terbaik, tepat waktu daftar kepesertaan jakon dan perusahaan jakon dengan proyek terbanyak," ucap Mohamad Irfan dalam siaran persnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk kategori proyek terbaik pertama diraih oleh Wijaya Karya Bangunan dalam proyek Hotel Inna Sanur Beach, sedangkan terbaik kedua dan ketiga diraih oleh Tunas Jaya Sanur dan Bianglala Tirta KSO. 

Sementara untuk kategori iuran terbaik dimenangkan oleh Tunas Jaya Sanur, sedangkan peringkat kedua dan ketiga diraih oleh Wijaya Karya dan Aditya Sinar Pratama. 

Untuk kategori tepat daftar kepesertaan Jakon peringkat pertama diraih oleh PT Bali Cukup Mandiri dengan proyek St Regis Hotel Renovation, sedangkan peringkat kedua dan ketiga diraih oleh CV Intan Karya dan Kristef Mega Sejahtera. 

Dan untuk kategori proyek terbanyak, peringkat pertama diraih oleh CV Mertha Graha, peringkat kedua dan ketiga diraih oleh PT Manik Tribuwana dan CV Paramitha.

"Dengan adanya Jakon Award diharapkan di tahun 2021 ini, perusahaan di bidang jasa konstruksi lebih tertib dalam mendaftarkan proyeknya di BPJAMSOSTEK agar para pekerja dapat terlindungi dari risiko-risiko pekerjaan dimana proyek konstruksi merupakan jenis pekerjaan dengan risiko tinggi," tambah Mohamad Irfan. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali Drs. Ida Bagus Ngurah Arda, M.Si.

Menurutnya, kegiatan ini penting untuk diapresiasi sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kesadaran dari badan usaha di sektor jasa konstruksi untuk melindungi tenaga kerja yang terlibat pada pelaksanaan proyek. (*) 

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved