Breaking News:

Berita Bali

Basarnas Bali Gelar Latihan Teknik Pertolongan di Ketinggian Kepada 25 Peserta Potensi SAR

Pembukaan Pelatihan Potensi SAR dilaksanakan pada hari Selasa 23 Februari 2021 bertempat di Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng.

istimewa
Basarnas Bali Gelar Latihan Teknik Pertolongan di Ketinggian Kepada 25 Peserta Potensi SAR 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, BULELENG - Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menggelar Pelatihan Potensi SAR di Kabupaten Buleleng yang melibatkan 25 peserta. 

Tema yang diusung pada kesampatan kali ini adalah “Melalui Pelatihan Teknis Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi SAR di Kabupaten Buleleng, Kita Tingkatkan Sinergitas, Kemampuan serta Kualifikasi Personil dalam Mendukung Pelaksanaan Operasi SAR dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan Covid 19”.  

Pembukaan Pelatihan Potensi SAR dilaksanakan pada hari Selasa 23 Februari 2021 bertempat di Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng.

Dalam sambutannya, Mochamad Hernanto, selaku Plh Direktur Bina Potensi Pencarian dan Pertolongan mengatakan bahwa sesuai amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan Potensi SAR ke semua kalangan di seluruh penjuru tanah air. 

“Kami menyadari dengan terbatasnya SDM yang kami miliki, keterlibatan potensi SAR sangat membantu dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan menjadi penting, karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri, jadi upaya ini menjadi bagian dari membangun karakter bangsa dan pencegahan di bidang SAR (SAR Preventive),” terangnya didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar Gede Dramada, dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng Ida Bagus Suadnyana.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini kami berharap Potensi SAR di Kabupaten Buleleng memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan teknik evakuasi di ketinggian. 

Mengingat kontur wilayah Kabupaten Buleleng didominasi perbukitan dan tebing yang berpotensi terjadinya musibah di ketinggian. 

Hasil dari pelatihan ini nantinya potensi SAR Kabupaten Buleleng dapat membantu operasi pencarian dan pertolongan korban khususnya di ketinggian, dengan cepat, tepat dan aman, serta mempererat sinergitas dan koordinasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar dengan Pemerintah Daerah, TNI/Polri serta potensi SAR di Kabupaten Buleleng.

Sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19, maka seluruh yang terlibat wajib melakukan Rapid Antigen dengan hasil negatif, dimana biayanya telah ditanggung oleh Basarnas Bali selaku pihak penyelenggara. 

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved